Mohon tunggu...
Yasmin Namira Andani
Yasmin Namira Andani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Manusia yang suka baca dan nulis

Always keep writing!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

5 Cara Memaksimalkan Kelas Online

22 Juli 2021   14:44 Diperbarui: 22 Juli 2021   15:29 54 1 0 Mohon Tunggu...

Halo, Sobat! Selamat datang di artikel kedua aku!

Kali ini aku lagi pengen banget membahas tentang kelas online nih. Kenapa? Karena sekarang semuanya serba online sejak pandemi corona merebak. Kelas online, belanja online, pelatihan online, seminar online, beli kebutuhan sehari-hari juga online, dan masih banyak lagi yang dilakukan secara online, Sobat!

Di sini pasti banyak banget nih yang bertanya-tanya gimana, ya, caranya memaksimalkan kelas online ini? Nah, aku udah rangkum jawabannya di bawah ini. Yuk, langsung aja disimak!

1. Selalu Hadir Tepat Waktu

Hhm, kedengaran sepele, ya. Tapi ini menjadi kunci terpenting dalam memaksimalkan kelas online, Sobat! Kalau kita bisa hadir di Zoom Meeting, Google Meet, Skype, atau aplikasi pembelajaran online lain dengan tepat waktu, kita bisa mudah menyerap ilmu yang disampaikan oleh dosen atau guru kita bahkan dari awal pembelajaran. Hal itu juga membuat kita bisa lebih santai dalam mengikuti pembelajaran, berbanding terbalik dengan yang terlambat dalam kelas online, mereka akan kesulitan menerima materi ajar dari awal, Sobat!
Oh, iya, tidak perlu dipaksakan juga kalau terdapat masalah pada perangkat kamu sehingga tidak bisa hadir tepat waktu, ya! Keep it enjoy. Tapi, jangan lupa hubungi dosen atau guru yang mengajar, supaya kamu tidak mendapatkan pengurangan nilai, Sobat!

2. Kumpulkan Tugas Tepat Waktu

Poin kedua ini biasanya sering juga dianggap sepele. Pasti ada pertanyaan seperti ini, "Mau ngumpulin tugas sekarang atau nanti bukannya sama aja? Sama-sama dapat nilai dan sama-sama ngumpulin tugas, kan?"
Eits, jangan salah, Sobat! Biasanya beberapa dosen atau guru akan melihat siapa saja yang mengumpulkan tugas tepat waktu dan siapa saja yang sering terlambat dalam mengumpulkan tugas. Bahkan, sering terjadi pengurangan nilai jika terlambat mengumpulkan tugas, Sobat!
Kalau kamu suka lupa mengerjakan tugas, kamu bisa banget bikin list tugas yang ditulis di post-it warna-warni, kemudian tempelkan post-it itu di cermin atau meja belajar supaya kamu tidak lupa dan penting untuk melampirkan due date tugas tersebut dikumpulkan.
Oh, iya, mengumpulkan tugas tepat waktu juga harus diiringi dengan isi tugas yang layak. Jadi, jangan asal mengumpulkan, ya, Sobat!

3. Aktif Bertanya atau Menjawab

Nah, untuk yang satu ini adalah masalah kepercayaan diri, Sobat! Misalnya, dosen atau guru bertanya kepada audience perihal sesuatu yang telah ia ajarkan, kamu bisa langsung meminta izin untuk menjawab jika kamu mampu untuk menjawab, ya. Namun, jika tidak, kamu bisa berikan kesempatan itu untuk audience yang lain!
Jangan lupa, sesi tanya-jawab dalam kelas online biasanya terbatas karena waktu dan juga jaringan yang kadang tidak stabil. Jadi, pastikan kamu membuat pertanyaan atau jawaban yang singkat, padat, dan jelas, ya, agar audience lain juga punya kesempatan untuk tanya-jawab.

4. Mengecek Perangkat Sebelum Mengikuti Kelas Online

Mengecek perangkat menjadi hal yang tak kalah penting, Sobat! Dengan mengecek perangkat seperti laptop, komputer, tab, dan sebagainya sebelum mengikuti kelas online, kamu bisa memastikan bahwa battery perangkat sudah terisi penuh dan tidak ada masalah dengan signal.
Hal ini memang sangat sederhana, tetapi jika tidak dilakukan, bisa berakibat fatal. Misalnya, tiba-tiba laptop padam karena kehabisan battery, signal hilang-timbul, kuota habis, dan masalah lainnya. Jadi, penting untuk memastikan bahwa perangkat yang akan kita gunakan diperiksa terlebih dahulu, ya, Sobat!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN