Mohon tunggu...
yasinta
yasinta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Jember

Mahasiswa KKN Back to Village III Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UNEJ Tingkatkan Motivasi Belajar Daring Siswa Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pendampingan Belajar

23 September 2021   10:40 Diperbarui: 23 September 2021   10:49 255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Penerjunan KKN dan Pendampingan Belajar/Dokpri

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Back to Village (KKN BTV) III Universitas Jember (https://unej.ac.id) diawali dengan penerjunan mahasiswa KKN dengan perangkat desa oleh Universitas Jember. Kegiatan yang dilakukan selanjutnya adalah penulis membuat canvas, road map, dan matriks program kerja. Selain itu, penulis juga melakukan survei langsung ke sasaran, tepatnya di Desa Ketapang untuk melakukan koordinasi dan mendapatkan gambaran nyata terkait sasaran. 

"Susah buat nerima pelajaran soalnya jarang dijelasin (diterangkan)", ungkap Decha, salah satu siswa SD kelas 6. Penulis melaksanakan kegiatan pendampingan belajar siswa atau belajar bersama. Pada kegiatan ini, penulis membantu siswa dalam belajar terkait materi mata pelajaran yang diajarkan di sekolah sesuai tingkatannya masing-masing. Kegiatan lainnya adalah mengenalkan aplikasi penunjang belajar daring. 

Mitra masih kesulitan dalam menggunakan google meet, sedangkan kegiatan belajar daring dari sekolah yang sebelumnya menggunakan zoom beralih menggunakan google meet. Oleh karena itu, penulis mengenalkan serta mengajarkan penggunaan google meet kepada mitra. Selain kegiatan tersebut, penulis juga mengajak siswa (mitra) untuk menulis cerita yang berkesan yang pernah dialami yang kemudian diceritakan oleh siswa tersebut. Kegiatan ini dilakukan untuk melatih kepercayaan diri siswa.

Gambar 2. Pelaksanaan Kelas Ayo Berkarya/Dokpri
Gambar 2. Pelaksanaan Kelas Ayo Berkarya/Dokpri
Penulis mengadakan kelas Ayo Berkarya yang dilakukan secara online melalui google meet, dimana siswa dapat mempraktikkan secara langsung penggunaan google meet yang telah dikenalkan sebelumnya. Pada kelas ini siswa dikenalkan beberapa karya seperti cerpen, puisi dan pantun. Siswa juga diajak untuk membuat karyanya masing-masing kemudian membacakannya. Kegiatan ini dilakukan untuk mengisi waktu kosong dengan hal yang bermanfaat agar siswa lebih produktif serta melatih kreatifitas siswa. 

Kegiatan berikutnya adalah menonton video animasi terkait pembelajaran serta pendidikan karakter. Pada kegiatan ini penulis menampilkan video animasi nyanyian bahasa inggris dan video animasi Nusa yang mengajarkan tata karma dan sopan santun. Penulis juga mengajak siswa untuk bermain game tebak kata atau tebak gambar. Hal ini dilakukan agar kegiatan belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa.

Gambar 3. Pelaksanaan Kelas Iman Imun Aman Amin/Dokpri
Gambar 3. Pelaksanaan Kelas Iman Imun Aman Amin/Dokpri

Siswa diajarkan mengenai pentingnya meningkatkan ketaqwaan dimasa pandemi serta menjaga kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah melalui kelas Iman Imun Aman Amin yang diadakan oleh penulis. Kelas ini dilaksanakan secara offline dengan pemateri Dewi Nurul Maghfiroh, mahasiswa IAIN Jember. Selain itu juga diajarkan doa-doa harian, pendidikan karakter dan cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan program kerja KKN Back to Village III (https://unej.ac.id) yang sebelumnya telah disusun oleh penulis adalah siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah setelah dilakukan pendampingan belajar bersama, siswa juga dapat menggunakan aplikasi google meet sehingga tidak kebingungan lagi saat terdapat kelas yang dilaksanakan secara online. 

Siswa dapat lebih produktif di masa pandemi dengan bebas menuangkan kreatifitasnya melalui puisi, pantun dan cerita yang mereka buat. Siswa dapat menambah kosa kata bahasa inggris, serta berperilaku dan berkata lebih sopan dan santun. Siswa dapat lebih termotivasi dalam belajar di rumah (diluar jam sekolah) dengan menerapkan tips belajar efektif yang telah diberikan oleh penulis.

Evaluasi dari program kerja yang telah dilaksanakan, kegiatan ini mendapat respon positif dari mitra. Mitra sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. Terdapat beberapa kendala selama pelaksanaan program kerja, yakni jadwal sekolah online siswa yang tidak pasti dari guru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun