Mohon tunggu...
Yasindy Risma Hani
Yasindy Risma Hani Mohon Tunggu... Mahasiswi

Yuk kita saling sharing informasi agar semakin luas wawasan kita

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Berkarya Saat Pandemi, UTA'45 Jakarta Gelar Webinar "E-Commerce, Jurnalistik Online, Pembelajaran Online"

28 Januari 2021   07:30 Diperbarui: 28 Januari 2021   09:26 141 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkarya Saat Pandemi, UTA'45 Jakarta Gelar Webinar "E-Commerce, Jurnalistik Online, Pembelajaran Online"
dok. pribadi

Webinar sosialisasi abdi masyarakat yang berjudul Meningkatkan Pengetahuan dan Skill tentang “E-commerce, Jurnalistik Online, dan Pembelajaran Online” yang diadakan hari Senin, 25 Januari 2021 pukul 13:00 s/d 15:00 oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. 

Webinar ini diselenggarakan atas kerjasama FISIP UTA’45 Jakarta dengan mitra sekolah SMA Taman Madya 1. Acara diikuti oleh beberapa peserta yang ingin belajar dan mengetahui berbagai macam aktivitas program berbasis digital saat ini khususnya tentang E-commerce, Jurnalistik Online, dan Pembelajaran Online. 

Dengan menghadirkan 5 pemateri yaitu Samsul Ode, M.Si (Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP UTA’45 Jakarta), dan juga pemateri lainnya yakni beberapa Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 

Webinar ini diadakan gratis dan dihadiri oleh peserta umum, siswa SMA Taman Madya 1, dan juga mahasiswa UTA’45 Jakarta. Meski di tengah pandemi, mahasiswa UTA’45 Jakarta tetap berkarya melalui kegiatan webinar. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk implementasi dari teori yang sudah dipelajari.

Pada permulaan, Bapak Samsul Ode M.Si membahas mengenai “Potensi kepemimpinan generasi milenial”. Yang saya tangkap dari materi tersebut adalah kita sebagai generasi milenial harus memiliki pemikiran bahwa jangan sampai kita ketinggalan atau kudet (kurang update) di era digital ini. 

Kita harus mengikuti arus teknologi komunikasi untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Salah satunya adalah sebagai generasi milenial kita harus membuat sesuatu yang baru dalam hal ini kita perlu mencoba untuk membangun bisnis melalui teknologi yang ada saat ini (E-commerce), yang didasari oleh niat dan keyakinan. 

Meskipun generasi milenial tergolong kedalam kelompok muda tetapi bukan berarti tidak bisa sukses di usia muda. Justru generasi milenial harus selangkah lebih maju dari generasi sebelumnya. Selain itu Bapak Samsul Ode M.Si juga memberikan pemahaman tentang profesionalisme dalam bekerja dan kepemimpinan yang harus dilakukan pada setiap individu.

Sesi selanjutnya membahas tentang “E-commerce” yang dipaparkan oleh Harry Yanto salah satu Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Menurut saya materi E-commerce yang disampaikan cukup umum dan menarik, sehingga membuat saya ingin bertanya mengenai E-commerce lebih dalam lagi. Kemudian sesi berikutnya membahas tentang “Jurnalistik Online” yang dibawakan oleh Hanna Adinda salah satu Mahasiswi Ilmu Komunikasi. Penyampaian yang dipaparkan cukup menarik dan banyak juga pertanyaan dari adik-adik SMA Taman Madya 1 mengenai jurnalistik online ini.

Dan selanjutnya bergantian sesi yang membahas tentang “Pembelajaran Online (Daring)” yang disampaikan oleh Muhammad Ridwan salah satu Mahasiswa Ilmu Komunikasi, materi yang diberikan mencakup aplikasi apa saja yang dapat membantu pembelajaran online, hambatan yang terjadi pada saat pembelajaran online, dan pemateri juga memberikan tips seputar menghilangkan rasa jenuh saat menjalani pembelajaran online. 

Kemudian sesi terakhir membahas tentang “Komunikasi Pemasaran berbasis E–commerce” yang disampaikan oleh Ayu Dannisa Sarah salah satu Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, di sesi ini pemateri memberikan penjelasan tentang pengertian dari komunikasi pemasaran, bentuk komunikasi pemasaran, dan bagaimana E-commerce ini bisa menjadi platform komunikasi pemasaran yang paling ngetrend di era saat ini.

Acara yang berlangsung selama 2 jam lebih ini memberikan banyak ilmu yang bermanfaat dan juga pengetahuan baru tentang dunia digital atau online dengan masing-masing tema pembahasan yang menarik. Pengalaman mengikuti webinar sosialisasi abdi masyarakat ini menurut penulis sangat berkesan. Interaksi peserta dan panelis dibatasi melalui platfrom zoom. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN