A. Definisi Pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran model parenting
Pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran model parenting adalah pendekatan yang melibatkan interaksi dan pola asuh orang tua yang tepat bersama guru untuk menanamkan nilai-nilai karakter sejak dini. Model ini dirancang untuk mengasah aspek sosial-emosional anak dengan suasana belajar yang menyenangkan dan fleksibel sehingga anak dapat menggali kemampuan dan karakternya secara optimal. Pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran model parenting menurut para ahli merupakan suatu upaya pendidikan yang mengedepankan peran orang tua dan guru dalam interaksi yang berkelanjutan dengan anak. Parenting dipandang sebagai proses cerdas yang memanfaatkan sumber daya keluarga dan lingkungan untuk kegiatan belajar mandiri anak. Model pembelajaran ini fleksibel, menyenangkan, dan tidak menggurui sehingga mampu merangsang perkembangan sosial emosional anak serta pengembangan karakter positif.
 Menurut Rokyal, Anita, dan Farlina (2020), model parenting bertujuan menumbuhkan karakter anak dengan memberikan pemahaman awal tentang karakter positif melalui kegiatan yang membuat anak senang dan tertarik belajar. Peran guru dalam kreativitas pembelajaran sangat menentukan perkembangan karakter anak yang tidak hanya berkaitan dengan aspek sikap, tetapi juga aspek perkembangan lain seperti bahasa. Model ini juga diakui memiliki kepraktisan tinggi dan validitas dalam pelaksanaan di lembaga PAUD.Filosofi model parenting ini menekankan interaksi antara orang tua dan anak yang mencakup aktivitas mendasar seperti memberi makan, stimulasi, dan pembelajaran yang bersifat menyenangkan dan mengembangkan imajinasi anak. Implementasi model parenting yang memvariasikan metode pembelajaran dapat meningkatkan karakter anak secara signifikan serta aspek perkembangan lainnya seperti daya ingat dan pemahaman.Berikut poin penting pengembangan karakter anak usia dini melalui model parenting menurut para ahli:Parenting sebagai pendidikan cerdas yang interaktif antara orang tua dan anak menggunakan sumber daya keluarga dan lingkungan.Pembelajaran model parenting bersifat fleksibel, menyenangkan, dan tidak menggurui agar anak tertarik dan aktif dalam belajar.Kreativitas guru dan variasi metode pembelajaran sangat menentukan keberhasilan pengembangan karakter anak.Model parenting menstimulus perkembangan sosial emosional, bahasa, dan karakter anak melalui kegiatan sehari-hari yang bermakna.Hasil pengamatan menunjukkan ada peningkatan karakter yang dipicu oleh perasaan senang, ketertarikan, dan rasa ingin tahu anak.Kesimpulan utama adalah pembelajaran model parenting efektif dan praktis untuk pengembangan karakter anak usia dini karena berangkat dari interaksi orang tua-anak yang berkelanjutan dalam lingkungan yang mendukung pembelajaran anak secara menyenangkan dan terpadu.
B. Definisi dan Konsep Model Parenting
Model parenting adalah proses pembelajaran terpadu yang menghubungkan pola asuh di rumah dengan pembelajaran di pendidikan anak usia dini (PAUD). Ini mencakup komunikasi dan kolaborasi antara orang tua dan guru, melalui pertemuan orang tua, kunjungan rumah, dan kegiatan bersama, guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam mendidik anak.
Model parenting untuk pengembangan karakter anak usia dini adalah upaya pendidikan yang dilakukan secara cerdas oleh orang tua dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di keluarga dan lingkungan sekitar, melalui kegiatan belajar yang bersifat mandiri dan berkelanjutan antara orang tua dan anak. Parenting sendiri merupakan proses interaksi yang mencakup memberi makan (nourishing), memberi petunjuk (guiding), dan melindungi (protecting) anak selama tumbuh kembangnya. Model ini berfokus pada pola asuh yang dinamis, disesuaikan dengan kemampuan dan tahap perkembangan anak, untuk menanamkan nilai-nilai karakter positif secara menyenangkan dan tidak menggurui. Pendekatan positif ini juga menekankan hubungan saling menghargai antara orang tua dan anak sehingga potensi dasar anak dapat berkembang optimal dan anak mampu menghadapi perbedaan dengan sikap negosiasi yang baik tanpa kekerasan .Secara singkat, model parenting dalam konteks ini adalah suatu pola asuh dan pembelajaran terpadu yang melibatkan orang tua dan guru untuk bersama-sama membimbing anak dalam perkembangan karakter melalui cara yang komunikatif, menyenangkan, dan menstimulasi aspek sosial-emosional anak sejak usia dini.
C. Strategi Pembelajaran Model Parenting
1.Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran anak secara aktif
2. Memberikan stimulus edukatif yang sesuai usia dan karakteristik anak
3. Pembelajaran bersifat bervariasi dan menyenangkan agar tidak monoton
4. Keteladanan dari orang tua dan guru dalam menanamkan nilai karakter