Mohon tunggu...
Yanto Mulyadi
Yanto Mulyadi Mohon Tunggu... Sales - Sales Motivator, Trainer , Coach and Healer

Sales Trainer, Sales Coach, Mindfulness Coach. Pengalaman lebih dari 15 tahun sebagai Praktisi Sales. Jajaran 1 persen TOP Sales Dunia. PIC : 08129720898

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Rahasia Kesuksesan Sales yang Terungkap

3 Juni 2020   17:00 Diperbarui: 3 Juni 2020   17:17 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Saya terpukau dengan para Guru yang mengupas Law Of Attraction dalam film The Secret yang meledak di tahun 2006. Salah satu Guru yang saya kagumi adalah Joe Vitale. Dalam hati saya mengatakan suatu hari saya harus berguru dengan mereka. Kesibukan membuat saya melupakan film The Secret yang sangat fenomenal. Pencarian akan arti kesuksesan terus berlanjut di tengah kesibukan saya. Berbagai seminar saya ikuti dari yang gratis sampai yang harganya puluhan juta sampai akhirnya saya memutuskan untuk menjalani sesi coaching dan mentoring dengan salah satu pakar Public Speaking Indonesia. Dalam satu sesi coaching beliau  memberikan saya sebuah buku HYPNOTIC WRITING karya Joe Vitale yang saya kagumi.

Petualangan kehidupan saya memasuki babak baru. Mata rantai kesuksesan yang terputus mulai tersambung kembali. Sementara istri sibuk berbelanja online berbagai kebutuhan, saya juga sibuk berbelanja hampir semua buku karya Joe Vitale saat work from home.  Lebih dari sepuluh buku karya Joe Vitale saya lahap termasuk buku Zero Limits. Hari-hari selama work from home saya isi dengan membaca buku-buku karya Joe Vitale.

Saya tidak menemukan hal yang luar biasa dari buku Zero Limits sebelumnya. Buku Zero Limits tidak saya baca sampai selesai. Biasa saja isi buku ini, kata saya dalam hati. Sambil duduk santai membuat beberapa artikel tiba-tiba ada sebuah dorongan hati yang mengatakan saya harus kembali membaca buku Zero Limits. Tangan saya bergerak spontan mengambil buku Zero Limits yang ditumpuk bersama buku-buku karya Joe Vitale lainnya. Petualangan saya mengexplore ide-ide brilliant dalam setiap lembar buku-buku Joe Vitale kembali  berlanjut kepada buku Zero Limits yang saya anggap biasa awalnya. Sampai artikel ini saya tulis, saya masih terus membaca buku Zero Limits.

Buku ini sungguh luar biasa. Delapan puluh lima ribu rupiah yang saya keluarkan untuk membeli buku ini tidak ada artinya bagi saya. Demikian kata saya dalam hati setelah memahami kedahsyatan setiap lembar tulisan buku Zero Limits. Ini buku revolusioner yang mengungkap rahasia kehidupan dan pencapaian setiap manusia dalam hidup ini. Anda akan menolak ide-ide Zero Limits yang tidak lazim jika membacanya hanya menggunakan logika saja. Menuntut keterbukaan dan anda perlu melepaskan ego sejenak agar bisa memahami inti sari ilmu yang tertuang dalam setiap lembar buku Zero Limits.

Terima kasih Mr.Joe Vitale dan Mr.Ihaleakala Hew Len, Ph.D. Anda berdua sudah mencerahkan hidup saya. Tulisan anda dalam buku Zero Limits sudah membantu saya menemukan benang merah yang mengungkap rahasia kesuksesan yang saya cari. Karya anda sudah menyadarkan langkah saya dalam pencarian akan arti sebuah kesuksesan dan saatnya saya harus kembali kepada rumah saya sendiri.

Saya bukan salesman yang sedang mempromosikan buku-buku karya Joe Vitale termasuk buku Zero Limits yang sangat fenomenal. Saya juga tidak ada hubungan apapun dengan Joe Vitale dan saya tidak mendapatkan keuntungan apapun karena mengulas ringkasan buku Zero Limits yang saya tulis di artikel ini. Artikel yang saya tulis kali ini didasarkan atas niatan saya untuk berbagi manfaat kepada siapa saja yang membutuhkan khususnya mereka yang menekuni karir sebagai sales.

Sekarang saya mulai menyadari apa yang menyebabkan berbagai permasalahan yang terjadi di muka bumi ini dan bagaimana solusinya. Saya menyadari apa yang menyebabkan orang cenderung menyalahkan orang lain atas kegagalan yang terjadi pada mereka. Saya juga menyadari apa yang menjadi pemicu berbagai tindakan manusia baik negatif atau positif. Kenapa masih banyak orang-orang hidup saling menyakiti. Saya paham sekarang. Betapa banyak orang-orang yang hidup dengan luka bathin tanpa solusi sepanjang hidupnya. Begitu banyak orang terpuruk dan bergumul dengan masalah kehidupan tanpa mampu menemukan solusi untuk bangkit kembali.

Setiap lembar buku Zero Limits menyadarkan saya untuk tidak lagi menjustifikasi setiap pola prilaku manusia termasuk prilaku negatif di mata banyak orang. Pada dasarnya tidak ada satu orangpun di muka bumi ini yang berniat merugikan orang lain. Saat anda memahami pemicu di balik setiap tindakan manusia, anda akan mengasihi mereka, anda akan memaafkan mereka dan anda akan menebar kasih buat mereka.

Dalam bidang penjualan, saya jadi memahami apa yang menyebabkan seorang sales tidak mampu menjual dengan baik. Para pemilik Perusahaan, Sales Director dan Sales Manager yang saya hormati, menyalahkan team sales anda karena belum mampu mencapai target penjualan tidak akan menyelesaikan masalah. Jika terus menyalahkan, malah akan menambah masalah baru yaitu team sales yang terluka bathinnya.  Bayangkan Jika team sales anda sudah terluka bathinnya?  Mereka  penuh tekanan dan tidak bahagia saat bertemu dengan calon klien. Dampaknya adalah kemungkinan besar mereka akan gagal menutup penjualan (closing). Jika tidak closing bagaimana target bisa tercapai?

Buatlah team sales anda bahagia dalam bekerja. Jika mereka belum berhasil menutup penjualan, ajak mereka bicara dari hati ke hati. Jika team sales asih belum mampu menghasilkan penjualan, telusuri lebih dalam apa yang menghambat mereka menutup penjualan. Apakah ada mental block yang terprogram di dalam pikiran sadar team sales anda. Penemuan saya, jika team sales tidak mampu menghasilkan penjualan dalam jangka waktu tertentu, pasti ada masalah dan mental block dalam diri yang menghambat dan kadang mereka sendiri tidak menyadarinya. Bantu team sales anda menyelesaikan masalah. Bantu team sales anda  melepaskan mental block yang menghambat agar team sales anda kembali produktif.

Perpaduan Ide-ide dalam buku Zero Limits dan pengalaman saya sebagai sales serta sebagai Leader lebih dari lima belas tahun telah mengajarkan saya cara baru membantu team sales menyelesaikan masalah dan melepaskan mental block yang menghambat mereka, serta cara baru melejitkan penjualan team sales. Bukankah ini yang diinginkan para sales dan Perusahaan?

Yanto Mulyadi

Sales Motivator. Trainer and Coach

PIC : 08129720898

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun