Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Relawan - Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Suka Membagikan Informasi? Biasakan Uji Tiga Socrates, Ya!

14 Juni 2022   09:10 Diperbarui: 14 Juni 2022   20:35 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Beberapa hari ini saya mendapat teguran dari Yang Mahakuasa. Kebiasaan saya mengobrol dengan orang-orang ternyata perlu direm. Empat tahun yang lalu saya menulis tentang Uji Tiga Socrates dalam  artikel yang berjudul Bijak Berbagi Informasi. Namun ternyata saya harus belajar sepanjang hayat lebih giat lagi untuk menjadi bijak bestari.

Tidak mudah memang tapi jangan sampai menyesal kemudian. Saat ini saya sangat sedih karena merasa (akan) kehilangan sahabat dekat yang menjadi sosok model keluarga peduli pendidikan. Beruntung sekali saya dikelilingi sahabat-sahabat yang ahli di bidang komunikasi dan pengacara handal yang selalu sigap membantu. 

Saya mendapat penguatan dari kedua mentor di komunitas N21. Saya juga bebas mengekspresikan perasaan sejak mengalami musibah ini sekaligus pelukan hangat dalam bentuk kata-kata dan suara dari Lovely dan sahabat-sahabat perempuan di Operet. Tidak hanya itu,saya bahkan mendapatkan bimbingan dari Gatot,  pengacara handal yang selalu sigap membantu. Saya belajar untuk merespon dengan baik dan penuh rendah hati. Respon santun dan dukungan dari sahabat-sahabat jurnalis juga sangat membantu saya untuk kembali belajar.

Uji Tiga Socrates (469-339 SM) 

Bagi Anda yang senang berbagi saat mendapat kiriman pesan, berita, foto, dan lain-lain, sebelum menyampaikan kepada publik sebaiknya Anda perlu membiasakan bertanya untuk menguji tiga hal berikut:

1. Apakah anda benar-benar yakin bahwa apa yang akan Anda sampaikan itu sudah benar?

2. Apakah yang akan Anda sampaikan adalah sesuatu yang baik bagi Anda, teman Anda, keluarga Anda?

3. Apakah yang ingin Anda sampaikan berguna bagi teman Anda?

Jika jawaban ketiga pertanyaan tersebut adalah tidak apalagi tidak benar-benar yakin, tidak tahu, ragu, lebih baik simpan informasi tersebut untuk Anda sendiri. Sesal kemudian tak berguna.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun