Mohon tunggu...
Yani Mulyani
Yani Mulyani Mohon Tunggu...

A mom with full of happiness, cause have a best husband, parents, brother and sister, kids, friends, and carier that all are my smile, my spirit. Mencoba merefleksikan apa yang terjadi di kehidupan sehari hari, plus tentang ilmuku.... farmakologi.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Tips Travelling Keluarga dengan Anak Kecil

19 April 2012   00:24 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:27 0 0 2 Mohon Tunggu...

Ingin mengajak traveling keluarga adalah hal yang paling menyenangkan, dimana semua anggota keluarga bisa berkumpul bersama walau dengan waktu yang tidak banyak, membuat hubungan dalam keluarga kecil tersebut semakin dekat pastinya. Banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan travelling keluarga ini, itu perasaan saya sebagai ibu dari dua anak. Otomatis, melihat anak anak senang, melihat suami senang plus mampu menjaga hubungan suami dan istri menjadi lebih erat. Ketika ingin pergi traveling, yang pertama dipikirkan, apakah anak saya sudah cukup besar??? apakah kita ga akan kecapean mengurus anak anak cilik ini? apakah mahal? apakah bakal kesasar kalau travelingnya jauh jauh? dan lain lain... yang pada akhirnya sich ya, memang mengurungkan niat kita untuk mengajak anak anak berjalan jalan dengan formasi lengkap. Jika anak terkecil masih dibawah 3 tahun, memang sulit untuk dibawa jauh, aduuuhhh kemana mana harus digendong, minta susunya pagi, siang dan sore, dan memberi makan yang sulit, otomatis khawatir kalau bawa terlalu jauh sampai lintas negara jika sang Nanny tidak dibawa... (ini, cerita ibu ibu yang ga mau susah yaa...hehehe) Jadi ketika umur dibawah 3 tahun, saya sarankan... sejauh jauhnya traveling, adalah : 1. Membawa nanny nya... 2. Jangan terlalu jauh jarak perjalanannya.. 3. Setidaknya lakukan aktivitas bersama yang disukai, dan yang paling gampang sich keliling kota. Bisa dilakukan dengan berenang, dan keliling mall. Setidaknya tetap, ada waktu untuk keluarga kecil kita supaya bisa kumpul bersama dan yaaaa.. jalan jalan. Ketika anak dah diatas 3 tahun, tepatnya buat saya 3,5 tahun... yang bontot ..mulai dech searcching travel jauhhh... ini dia Lintas pulau, lintas negara... Ketika memulai inngin travel jauh, yang dipikirkan... Gimana caranya??? pake jasa travel atau ga? agen travel mana yang bagus? aman ga ya di seberang pulau itu?? eeemmm, mendadak jadi ciut lagi dech pengen jalan jalannya. Yaaa, namanya galau, dengan ketidakyakinan menggunakan dwi bahasa, plus ketidakyakinan akan jumlah uang yang akan dikeluarkan dalam skala besar, plus ketidakyakinan akan keamanan pesawat terbang... Nahh, jangan sampe hal hal dia atas jadi momok untuk memulai travelling, sayapun mengalaminya... tapi namanya juga niat jalan jalan, dengan tujuan yang jelas.. ngabisin uang (hihihi), menjamin keakraban semua anggota keluarga itu yang terpenting, jadiharus dimulai.  Memang betul, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan jikalau hanya dengan tujuan meningkatkan keakraban, tapi saya sarankan.. tetap harus dicoba yang namanya taravelling... disini bukan hanya keakraban tapi ada sisi adventure dan price proud, kita bisa ngajak anak anak around the world. Untuk memulai, pasti banyak kendala yaang akan kita hadapi. Tapi namanya juga kendala atau kegagalan, itu adalah bekal untuk kita bisa lebih baik perjalanan ke depannya.

Oke, perjalanan pertama ke luar negeri...

1. The most siapkan paspor dull..

Saya sarankan dalam pengurusan paspor lakukan saja sendiri, jangan sekali kali minta bantuan pihak ketiga. Banyak keuntungannya, at least biaya yang dibebankan terbilang tidak mahal, dan kepuasan karena kita mengerjakannya sendiri, sehingga kita bisa mengetahui seperti apa prosedurnya, dll.   Yang membuat orang malas mengerjakan sendiri adalah beberapa balikan yang harus kita lakukan, alias bulak balik..

Hari Pertama ...

- Membeli formulir dulu, dan lengkapi semuanya. (Ingat, liat petunjuk pembuatan paspor yang baik, termasuk anda harus menggunakan pulpen dengan tinta warna tertentu, jika warna salah.. otomatis ditolak) . Ada formulir yang harus diberikan materai 6000, kalau tidak salah pernyataan bahwa kita buat pasor hanya untuk jalan jalan, bukan untuk bekerja. - Melengkapi persyaratan.. yang utama adalah fotokopi KTP (jangan bulak balik, dibuat 1 lembar pada muka halaman yang sama ada dua side KTP) , kemudian fotokopi kartu keluarga, membawa akta kelahiran (kalau ga punya, bisa dari buku nikah dengan syarat di buku nikah tertulis tanggal kelahiran dan tahun yang jelas). Semuanya Foto kopi, tapi tetap harus bawa yang asli, jaga jaga ditanya terutama saat wawancara. - Bagi anda yang dalam KTP adalah pekerja, jangan lupa bawa surat keterangan kalau kita memang bekerja disana... harus ada, kalau ga ada dijamin disuruh melengkapi alias kembali. - Masukkan semua persyaratan termasuk formulir yang harus diisi kedalam map KHUSUS.. jangan sampai ada yang kurang yaaa, nanti bakal disuruh bulak balik - Anda akan menerima slip, untuk pernyataan bahwa formulir lengkap dan siap untuk difoto plus wawancara.

Hari kedua, sesuai dengan tanggal slip foto

- Bawa slipnya saja, plus yang  semua data aslinya, dan untuk paspor anak anak, harus kedua orangtua hadir saat anaknya di foto.. menyatakan anak kita bukan akan dibawa kabur kenegeri orang .. katanya.. -Bawalah sejumlah uang yang diwajibkan untuk dibayarkan di kantor imigrasi. (kalau bisa passs, biar enak.. ngantri soalnya)

Hari ketiga, sesuai juga dengan slip akhir, untuk pengambilan paspor.

- Ambil paspor anda .. cek, dan selesai

2. Lakukan pembelian tiket pesawat

Tujuan utama ke luar negeri yang paling enak, tetap adalah Singapura, melihat banyak blog dan web yang sharing, meyakinkan kalau Singapura adalah tujuan pertama kita jalan jalan... Ini hanya saran saja.. kalau mau memilih negara lain, mungkin lebih baik, apalagi Benua Eropa.. Manteppp.. - Pastinya pilih donk tiket termurah... biasanya The lowest price adalah Air Asia.. danyang paling enak.. buatlah member login di Air asia.. gratonk, setidaknya kita dapet info jika ada big sale atau promo. Biasanya , kita tahu dulu ada sale dan promo, dari situ kita menentukan jadwal travel selanjutnya. - Belilah tiket, dan pastikan.. (karena ini penerbangan Internasional) a. Nama yang tertera harus sama dengan paspor.. jadi hati hatilah mengetik nama b. Tuliskanlah No Paspor, Tgl Lahir dan tgl expired dari paspor.. (ini yang penting) c. Ikuti semua arahan dari Air Asia, termasuk menentukan kursi duduk, perlu makan atau ga, red carpet, juga asuransi. Anda bisa memilih semuanya, dengan konsekuensi menambah biaya dari harga tiketnya. tapi pastinya ddengan asilitas yang nyaman d. Bayarlah pembelian tiket ini, dan saya lebih seneng menggunakan fasilitas kartu kredit.. selesai... anda bisa print bukti pembelian setelah mengunduh dari emaiil yang dikirim ke kita. e. Lakukan web check in di internet , gratis... kalau di counter, harus bayar 30 rebu.. Saran saya lakukan sehari sebelum kebrangkatan, jangan saat pembelian tiket, khawatir kalau ada perubahan jadwal masih bisa kita ubah. Note: jangan pernah beli tiket mendekati hari keberangkatan, umunya masih berlaku promo jika kita membeli 3 - 4 bulan kebelakang.

3. Lakukan pemesan Hotel

Nah ini dia nehh, lakukan pemesanan hotel setelah hutang kartu kredit pembelian tiket pesawat lunas, yaaa supaya ga numpuk juga sich hutangnya. Sebelum memilih hotel, ada beberapa tips yang saya sarankan.. a. Yang utama,kalau kita sudah tau tujuan kita travelling,lakukan searching data mengenai tempat tersebut. Setidaknya kita dah susun agenda acara mana saja yang akan kita kunjungi. ada beberapa web yang menyediakan data lengkap mengenai tempat untuk travel. Umumnya yang termudah adalah.. www.tripadvisor.com Dalam web ini cukup lengkap untuk memberikan gambaran tempat wisata yang paling banyak  dan paling bagus maka akan tinggi ratingnya . Untuk melengkapi agenda acara, lakukan juga perhitungan jarak dan waktu menggunakan fasilitas Maps yang ada pada beberapa gadget.. bisa GPS, Bisa BB, atau Android dan fasilitas iPad Apple. Yang paling mudah dapakai, kata saya.. iPad Apple, karena kemudahan pengoperasian Google maps, berikut data jalan yang diberikan cukup lengkap. Ingin lebih puas keliling kota melewati peta, downloadlah aplikasi map khusus untuk kota yang akan kita kunjungi, semua bisa di download (free ataupun bayar) di aplikasi market android atau Apple store. b. Setelah tersusun jadwal yang jelas, baru lakukan pemilihan hotel. Terutama hotel terdekat dengan tempat wisata. Untuk mencarinya,menurut saya yang paling mudah adalah memilih hotel dari web khusus, seperti www.agoda.com. Keunggulan web ini, banyak hotel yang disediakan dengan informasi promo dan regular yang jelas, kemudian pembayaran yang kita lakukan adalah pembayaran total termasuk fax dan service hotel. Jadi kita tak perlu memikirkan biaya hotel lainnya... (kecuali ada kebijakan beberapa hotel yang meminta deposit di saat kita datang ke hotel, tapi jangan khawatir, uang tersebut akan dikembalikan ke kita sebagai pengguna hotel, jika tidak ada barang yang terambil disaat kita menginap, atau tambahan biaya makan dll. ) Kebijakan hotel bisa membawa anak atau tidak, tolong diperhatikan, karena ada beberapa yang memperbolehkan anak anak masuk jika dibawah 12 tahun, atau malah harus menambah extra bed. c. Pilihlah hotel yang sesuai dengan isi kantong dan kebutuhan...

4. Hari H datang,

Bawalah perlengkapan seperlunya. Saya sarankan untuk membawa masing masing tas setiap anak, makanya saya bilang saat jalan jalan yang tepat adalah anak diatas usia 3,5 tahun. Kasih tanggung jawab sedikit dimana mereka bawa tas sendiri dan baju sendiri pastinya, juga mereka akan merasa asik karena serasa berpetualang. Keuntungan lain kita ga perlu beli bagasi saat penerbangan, jadi bisa menghemat pembelian tiket pesawat.  Hal yang paling penting adalah sedia obat sebelum sakit, sedia payung sebelum hujan.Dijamin, kita pasti ga sakit dan ga keujanan.. hehehe. Soalnya kalu kelupaan bawa bawa beginian, rata rata kita sering sakit.. hehehe. a. Jangan pernah lupa bawa paspor, cek, cek dan cek lagi b, KTP juga... kalau perlu,, Kartu Keluarga C. Bawa Uang .. biasakan lakukan jual beli uang asing di Indonesia aja, walupun disana banyak, tapi tetep,,, harus bawa. d. Agenda Acara e. Bukti pemesanan tiket pesawat dan hotel... jangan lupa.. f.Kalau pesen hotel pake kartu kredit, jangan lupa juga kartunya dibawa..

Anddd... take offf.... dannnn have funnnn dech.

NOTE: Penggunaan dwi bahasa ga terlalu sulit, kita bisa pake bahasa tarzan, atau paling ga yaaa bawa gadget untuk translator, aman. Yang saya rasakan.. menyusun sendiri, memilih kemana kita akan pergi, dll... Dijamin PUAS.. walaupun ada kendala dan kegagalan... jadikan saja pelajaran buat kita.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x