Mohon tunggu...
Andri Yana
Andri Yana Mohon Tunggu... Praktisi HR, Pelatih PBK, Asessor

Seorang Ibu dari 3 Anak yang ingin berbagi untuk negeri

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Manfaat Cuti bagi Karyawan (Terkadang Dilupakan)

3 Juni 2021   12:41 Diperbarui: 3 Juni 2021   13:48 87 2 0 Mohon Tunggu...

Sejatinya Karyawan atau pekerja adalah mahluk sosial yang butuh berinteraksi dan memiliki waktu "me time" tersendiri. Bahwa pemerintah telah mngatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003 dan disempurnakan oleh UU No. 11 Tahun 2020 (UU Ciptaker). Semua peruntukan ijin dan cuti telah cukup jelas tertulis disana, adapun dalam pembahasan ini saya mau mengulik lagi jatah Cuti Tahunan Karyawan yaitu 1 x dalam 1 bulan. Mengapa kah kira-kira dibuat seperti itu?

Tentunya setiap aturan yang dikeluarkan telah melalui hasil uji, verifikasi, serta dikusi dan riset para ahli di bidangnya, demi kebaikan karyawan dalam hal ini kebaikan dan kesehatan fisik serta mentalnya agar bisa seimbang. 

Namun dalam prakteknya banyak sekali yang tidak memahami esensi sebenarnya mengapa Cuti tahunan harus dijalani sebulan sekali?, apa manfaat cuti tersebut baik dari karyawan maupun pengusaha dalam hal ini atasan yang mewakili.

Mari kita bahas manfaat nya terlebih dahulu:

Manfaat cuti rutin 1x dalam 1 bulan bagi karyawan:

1. Penyeimbang hidup, bahwa "life and work balance is a must"

    Tentunya pada saat kejenuhan dalam ritme kerja, apabila kita tentukan target 1 hari libur pada hari kerja akan memberikan semangat bagi kita untuk bisa melakukan kegiatan "me time" tadi, berkumpul dengan istri atau suami di rumah, mengantar anak ke sekolah, menjalankan kebersamaan seutuhnya dalam keluarga yang biasanya hanya di dapat pada hari libur.

2. Menjadikan hati yang lebih semangat dan gembira

    Pada saat kita kumpul, masak, makan siang bersama dan membantu kegiatan istri dirumah tentunya akan meningkatkan keharmonisan rumah tangga, meningkatkan komunikasi perhatian suami terhadap istri dan sebaliknya. Dan bagi karyawan yang masih sendiri bisa mencari kegiatan yang bermanfaat contohnya bersosialisasi dengan teman jauh, atau memberikan perhatian kepada orang tua dan saudara yang terkadang terlupakan bahwa bila pada hari libur.

3. Meningkatkan Produktivitas Kerja

    Dengan pikiran yang bahagia, hati yang tenang semangat baru akan muncul pada karyawan tersebut, sehingga hasil kerja lebih berkualitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x