Mohon tunggu...
Yana Haudy
Yana Haudy Mohon Tunggu... Lainnya - Geriatric millennial

Sudah sekolah di SMU saat terjadi krisis moneter. Nyambi jadi admin di emperbaca.com

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Penasaran K-Rewards

11 Agustus 2022   15:38 Diperbarui: 11 Agustus 2022   15:48 738 70 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: Canva/yanahaudy

Ngomongin K-Rewards rasanya sudah basi. Apalagi dulu, dari yang saya baca, Engkong Felix, David Abdullah, dan Reno Dwiheryana paling sering bicara soal K-Rewards dalam bentuk artikel dan komentar. Meski terasa basi, saya tulis tentang K-Rewards karena saya penasaran.

Apalagi, menurut Om Pebrianov yang sekarang rebranding jadi Om Peb, pernah mengatakan kalau relasi Kompasiana dan Kompasianer itu sejatinya bukan juragan dengan buruh, melainkan mitra sejajar.

Insentif

Pengelola Kompasiana menyebut K-Rewards sebagai insentif. Menurut KBBI, insentif adalah tambahan penghasilan (uang, barang, dan sebagainya) yang diberikan untuk meningkatkan gairah kerja; uang perangsang. 

Sedangkan menurut kelas kata verba, insentif berarti membagikan,memberikan,menggaji,mengupah;mengganti rugi, menghadiahi,menghonori,memberi insentif, mengupah;mengganti biaya.

Tangkapan layar akun Kompasiana (kompasiana.com)
Tangkapan layar akun Kompasiana (kompasiana.com)

Mungkin, karena berupa hadiah untuk mengganti biaya kuota internet, maka suka-suka pengelola kepada siapa K-Rewards diberikan. Walau si Kompasianer sudah mengumpulkan 3000 unique pageview dan akunnya sudah masuk syarat penerima K-Rewards, tidak serta merta saldo Gopaynya terisi insentif.

Dapat K-Rewards Berapa?

Pada Agustus 2021 ada Kompasianer yang dapat K-Rewards Rp7,9 juta dengan unique pageview 269.283. Kompasianer gonjang-ganjing. Unique pageview sebesar itu dianggap mustahil didapat kalau hanya dari sharing artikel. 

Kemudian, sejak September 2021 Kompasiana tidak lagi mencantumkan jumlah unique pageview di artikel pengumuman peraih K-Rewards. Akhirnya malah membuat saya penasaran. Berapa unique pageview yang didapat Kompasianer yang namanya diumumkan di artikel peraih K-Rewards. Apakah lebih rendah atau lebih banyak dari unique pageview saya?

K-Rewards yang saya dapat terakhir ada di Januari 2022 sebesar Rp31.305 dengan unique pageview yang dicatat Kompasiana jumlahnya 6300. Setelah itu saya berhenti sejenak menulis di Kompasiana jadi tidak ada K-Rewards yang didapat.

Paling bikin penasaran bulan Juni 2022. Bila dihitung tepat di tanggal 30 Juni, unique pageview di dashboard saya mencapai 6000. Ternyata 6000 unique pageview tidak cukup membuat saya dapat K-Rewards.

Tambah bikin penasaran, Kompasianer yang ada di kontak WhatsApp saya dapat K-Rewards Rp33.000 dengan unique pageview 3100.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan