Mohon tunggu...
Yana Haudy
Yana Haudy Mohon Tunggu... Lainnya - .

.

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Artikel Utama

Penyebab Usia Puncak Atlet Esports Lebih Muda dari Olahraga Lain

10 Oktober 2021   08:56 Diperbarui: 10 Oktober 2021   23:10 792 49 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Timnas AoV Indonesia di Asian Games 2018. Foto: Kompas.com

Juara IFeL 2020 Rizky Faidan yang mewakili PSS Sleman, saat ini berusia 18 tahun.

Sebelum bermain untuk PSS Sleman, Rizky telah jadi finalis kejuaraan dunia Pro Evolution Soccer (PES) 2019 di markas Arsenal, Emirates Stadium, Inggris, saat usianya baru 16 tahun.

Kini Rizky telah kembali ke Thailand untuk bergabung lagi dengan tim esports Buriram United yang telah diperkuatnya sejak dia selesai tanding di Emirates Stadium.

Lalu ada Daffa AB. Juara di kelas Seeded A Indonesia Digital Motorsport Championship 2021 ini usianya belum genap 14 tahun. Dia kini telah dikontrak untuk jangka waktu tiga tahun guna memperkuat tim esports balap JMX Phantom.

Jika Rizky Faidan dan Daffa AB saja sudah menjadi pro (profesional) dan mendapat kontrak resmi, maka tidak heran jika di MPL (Mobile Legends Premiere League) Season 7 tahun ini ada beberapa pemain yang masih berusia 16-18 tahun.

MPL adalah liga Mobile Legends tertinggi di Indonesia, jadi semua pemainnya bberstatus pro seperti Rizky dan Daffa.

Legenda bulutangkis Susi Susanti meraih emas olimpiade Barcelona 1992 saat usianya 21 tahun. Sedangkan Alan Budikusuma waktu itu berusia 24 tahun. 

Pada statistik usia para pemain bulutangkis peraih medali emas yang ditulis oleh Badminton Bites, usia puncak pebulutangkis putri ada di usia 21-24 tahun. Sedangkan prime age pebulutangkis putra di kisaran 24 tahun.

Usia puncak gamer pro, menurut ESPN, ada di umur 18-19 tahun. Biasanya mereka mulai karir di usia 14-16 tahun, lalu pensiun di sekitar usia 25 tahun.

Itu sebab banyak gamer pro yang memilih tidak mengikuti sekolah formal atau menunda kuliah agar bisa optimal mencapai puncak karena rentang karir mereka sangat pendek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten E-Sport Selengkapnya
Lihat E-Sport Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan