Mohon tunggu...
Yana Haudy
Yana Haudy Mohon Tunggu... .

.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Menikmati Ketulian dan Keheningan dalam Ramai Musik Metal

29 Desember 2020   17:04 Diperbarui: 29 Desember 2020   17:33 816 50 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Ketulian dan Keheningan dalam Ramai Musik Metal
Ruben Stone dalam film Sound of Metal. Foto: Prime Video dari vulture.com

Arif, sepupu saya dari pihak ibu, tuli sejak bayi. Saya tidak tahu apa karena sejak usia satu bulan sering diajak naik pesawat PP Jakarta-Bangka atau karena penyakit, tetapi waktu lahir semua organnya normal dan telinganya dapat mendengar.

Orang tuanya akhirnya menerima kenyataan bahwa Arif memang telah tuli. Mereka berhenti melakukan upaya untuk mengembalikan pendengaran Arif diusianya yang ke-9. 

Arif dipindahkan ke sekolah Pangudi Luhur, satu-satunya SLB di Jakarta, pada waktu itu, yang mengajarkan bahasa isyarat, membaca gerak bibir sekaligus berbicara. Jadi Arif dapat berkomunikasi dengan orang normal dengan membaca gerak bibir dan dia pun dapat bersuara seperti orang normal meski lidahnya agak kaku. 

Persis seperti pemeran Daphne di serial Switch at Birth yang tayang pada 2011-2017 di televisi berbayar.

Saya bersama adik-adik, Arif, dan dua sepupu lain pernah datang bersama ke festival musik Soundrenaline dan Arif bilang dia suka. Percaya atau tidak, pada tahun-tahun berikutnya Arif datang lagi ke Soundrenaline dan belakangan Java Jazz juga dia datangi.

Di usianya sekarang yang ke-28 Arif sudah punya barbershop dan toko komputer kecil-kecilan, juga menerima reparasi laptop dan perangkat keras komputer. 

Belakangan ini dia bergabung di klub Yamaha NMax dan sering kena tegur orang tuanya karena motor NMax-nya dibongkar-pasang dan dia memilih menunggang motor Supra jadulnya untuk bepergian.

Oh ya, orang yang tidak bisa mendengar tidak mau disebut tunarungu, tetapi tuli. 

Kata tuna berarti rusak dan berkonotasi negatif. Telinga dan pendengaran mereka tidak rusak (cacat semisal bengkok atau tidak punya telinga), mereka punya telinga, hanya saja tidak dapat digunakan untuk mendengar, jadi mereka tuli bukan tunarungu.

Arif tentu berbeda dengan Ruben Stone di film The Sound of Metal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x