Mohon tunggu...
Yan Okhtavianus Kalampung
Yan Okhtavianus Kalampung Mohon Tunggu... Penulis - Narablog, Akademisi, Peneliti.

Di sini saya menuangkan berbagai pikiran mengenai proses menulis akademik, diskusi berbagai buku serta cerita mengenai film dan lokasi menarik bagi saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Inspirasi Para Ilmuwan Islam yang Membuat Ilmuwan Barat Banyak Berutang

15 Mei 2020   22:41 Diperbarui: 15 Mei 2020   23:19 534
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(ibnu sina) idntimes.com

Waktu itu saya masih S1. Masih dikelilingi dengan semangat yang saat itu aku belum tahu kalau memang itu semangat poskolonial. Aku baru belajar untuk mencintai buku.

Akhirnya aku membeli buku yang judulnya menarik. Buku itu bicara tentang bagaimana sesungguhnya dunia Barat itu sangat berhutang pada kerajaan-kerajaan Islam yang sangat terbuka dengan ilmu pengetahuan.

Hampir sama nasibnya dengan buku-buku level tinggi yang serupa, buku itu nanti kupahami setelah saya lulus S2. Itupun saya belum berani berjanji bahwa sudah sepenuhnya paham.

Buku itu berjudul "Cahaya dari Timur : Peran Ilmuwan dan Sains Islam dalam membentuk Dunia Barat" karangan dari John Freely, seorang fisikawan yang belakangan lebih fokus ke sejarah sains. Itulah yang membuatnya akhirnya ia meneliti tentang sejarah sains masa abad pertengahan di Eropa ketika benua itu diselimuti agama yang menumpulkan kreativitas manusia.

Dunia Islam melalui kerajaan-kerajaan yang berkuasa di abad pertengahan itu mencapai kemajuan tertinggi karena kemampuannya menyerap kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan dari Yunani.

Pada masa inilah semua buku-buku filsafat dan pengetahuan Yunani kuno masuk ke daerah Asia. Jadi sebenarnya bukan dunia barat yang pertama kali merasakan manisnya ilmu pengetahuan dari Yunani tapi daerah Arab yang menikmatinya terlebih dahulu. Bahkan seperti yang dikatakan oleh John Freely dalam buku itu, bahwa orang-orang Eropa bukannya menerjemahkan teks-teks itu dari Yunani ke Latin tapi sebenarnya mereka menerjemahkan dari Bahasa Arab ke Bahasa Latin dengan bantuan dari para penjelajah yang sudah paham bahasa-bahasa itu.

Para Ilmuwan Islam pada waktu itu, banyak menimba ilmu yang telah dikembangkan oleh peneliti-peneliti di Yunani kuno yang sebenarnya didapat dari daerah Timur Tengah kuno seperti Mesopotamia dan Mesir kuno.

Sistem penghitungan waktu dan kalender adalah contohnya. Yang menarik dari masa itu seperti disaksikan melalui penelitian dari John Freely, adalah kemampuan dari para ilmuwan Islam yang tidak hanya mengetahui satu bidang tapi menjadi orang yang ahli dalam banyak bidang.

Beberapa yang disebut seperti matematika, agama, astronomi dll. Inilah yang disebut sebagai "polymath", orang yang mempunyai minat untuk mengembangkan ilmu dalam banyak bidang sekaligus.

Sampai disini saya ingin memberi penekanan bahwa kemampuan seperti ini sangat dibutuhkan dalam era sekarang. Saya sendiri kagum kalau ternyata para ilmuwan Islam mampu menjadi seperti itu. Tapi saya yakin kalau dibiasakan maka orang zaman sekarang pun bisa seperti itu. Kuncinya adalah keinginan untuk belajar terus dan tidak pernah kenyang dengan ilmua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun