Mohon tunggu...
Munir Sara
Munir Sara Mohon Tunggu... Administrasi - Yakin Usaha Sampai

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian” --Pramoedya Ananta Toer-- (muniersara@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Apakah Fundamental Ekonomi RI Masih Tangguh?

27 Juni 2022   11:20 Diperbarui: 27 Juni 2022   11:59 72 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi (Sumber : iStockphoto)

Normalisasi moneter The Fed dan negara ekonomi utama, ternyata punya efek rusak terhadap emerging countries. Alih-alih melonggar, The Fed malah akan mengerek Fed Fund Rate 3 kali lagi hingga akhir 2022

Dari sisi moneter, secara teori, pertanyaannya adalah,  apakah BI berada pada stand behind the curve atau stay ahead the curve?

Tentu saja adjustment policy BI secara moneter akan responsif terhadap The Fed fund rate, tapi tidak dalam  posisi mengikuti arus FFR secara serta merta !

BI akan melakukan adjustment policy, dengan melihat berbagai indikator makro dan kondisi fundamental.

Dan menurut saya, BI akan melihat seberapa besar inflasi aktual, naraca perdagangan, kurs rupiah, pasar modal, dan kinerja fiskal.

Dalam laporan sebelumnya, inflasi umum 3,47% (yoy) dengan tingkat deviasi dari asumsi makro 0,47%. Perkiraan BI dan otoritas fiskal, inflasi akan berada di 4%.

Bila terlampaui, maka kebijakan suku bunga BI akan terkerek. Konsensus menyebut, bila inflasi 4,5%, maka suku bunga bisa terkerek 25 bps.

Namun beberapa hari ini, BI memberikan signal, bahwa kebijakan moneter masih cenderung dovish. Basis asumsi itu berdasarkan keyakinan BI pada fundamental ekonomi RI

Kendatipun dalam RDG BI sebelumnya, BI 7-Day Repo Rate (BI7DRR) tetap 3,5%, namun GWM rupiah akan terus dikerek ke 9%. Namun BI akan tetap melakukan mitigasi dengan kebijakan makroprudensial seperti Countercyclical Capital Buffer (CCyB) dll.

Selanjutnya, dari sisi kurs, meski dalam seminggu ini agak keok terhadap USD, namun masih dalam tren mengutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan