Mohon tunggu...
Aditya Anggara
Aditya Anggara Mohon Tunggu... Akuntan - Belajar lewat menulis...

Bio

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Hamilton Taklukkan Ferrari di Monza

3 September 2018   19:04 Diperbarui: 3 September 2018   22:06 2191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lewis Hamilton menjuarai balapan F1 GP Italia (Foto: Formula1.com)

Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton berhasil merebut kemenangan pada balapan GP Italia yang berlangsung di Sirkuit Monza pada hari Minggu 2 September 2018 kemarin. Hamilton yang memulai balapan dari posisi 3 berhasil menjadi yang tercepat pada balapan F1 seri ke-14 itu. Ini merupakan kemenangan ke-5 bagi Hamilton di Monza, sekaligus menyamai catatan prestasi pembalap Ferrari, Michael Shumacher sebagai penguasa Monza.

Pembalap tim Ferrari yang juga pemegang pole, Kimi Raikkonen berhasil mengunci posisi ke-2 dari incaran Valtteri Bottas. Dengan hasil ini, maka Raikkonen kini bergabung dengan "Klub 100 Podiums," karena hasil balapan di Monza ini juga merupakan podium keseratus bagi Raikkonen ...

Akan halnya pembalap Ferrari lainnya, Sebastian Vettel menuai dua "karma" (buruk dan baik) sekaligus dalam satu paket! Insiden dengan Hamilton di awal balapan membuat "celana" Vettel melorot ke posisi 18! Namun, pemegang gelar 4 kali juara dunia tersebut dengan hebatnya kemudian mampu menyelesaikan balapan  di posisi ke-5!

Sebelumnya, insiden mengerikan juga menimpa pembalap Sauber, Marcus Ericsson pada sesi FP (Free Practice) kedua pada hari Jumat sebelumnya. Ketika itu mobil Ericsson melaju dalam kecepatan tinggi, menggunakan "DRS" dengan sayap belakang terbuka penuh. Menjelang tikungan pertama, sayap belakang tersebut tidak dapat menutup kembali untuk menambah downforce bagi pengereman.

Akibatnya mobil Ericsson kehilangan kendali, menabrak pagar pembatas, dan kemudian terbang dan jatuh berputar beberapa kali menghantam pinggir lintasan. Mobil Ericsson remuk tak berbentuk. Konstruksi roll-bar "Halo" di atas kokpit kemudian menjadi penyelamat pembalap. Ericsson kemudian keluar dari mobil remuk tersebut dalam keadaan sehat walafiat...

Mobil Marcus Ericsson terbang (sumber : BolaSport.com)
Mobil Marcus Ericsson terbang (sumber : BolaSport.com)
Jalannya balapan.

Kimi Raikkonen memimpin grid start diikuti oleh rekannya, Vettel. Lalu menyusul duo Mercedes, Hamilton dan Bottas, Max Verstappen, Romain Grosjean, Carlos Sainz Jr, Esteban Ocon, Pierre Gasly dan Lance Stroll di posisi ke-10. Dari 18 balapan yang berlangsung di Sirkuit Monza selama ini, 14 kemenangan berhasil diraih oleh pembalap yang memimpin start.

Selepas start, drama seru kemudian terjadi. Dari sisi luar chicane ke-2, Hamilton merangsek ke depan. Hamilton kemudian duel wheel to wheel dengan Vettel. Mobil Vettel melintir dengan sayap kanan pecah, membuat mobilnya melorot keposisi 14! Sementara itu Hamilton langsung naik ke posisi 2.

SC (Safety Car) kemudian keluar. Sebenarnya di Monza ini sangat jarang SC terlihat masuk ke dalam lintasan. Terakhir kalinya SC berada di lintasan adalah pada tahun 2011. Setelah 368 lap balapan berlangsung selama tujuh tahun terakhir ini, akhirnya SC keluar juga untuk pertama kalinya...

  • Lap ke-4. Posisi 10 pembalap terdepan adalah Raikkonen, Hamilton, Verstappen, Bottas, Grosjean, Sainz Jr, Ocon, Stroll, Sirotkin dan Alonso.
  • Sebelumnya pembalap Toro Rosso, Brendon Hartley bertabrakan dengan pembalap Sauber, Ericsson. Akibatnya Hartley harus out.
  • Lap ke-9. Vettel berhasil meng-overtake Ricciardo untuk naik ke posisi 14.
  • Lap ke-13. Pembalap Red Bull masa kini, Ricciardo bertarung dengan pembalap masa depan Red Bull, Pierre Gasly (Toro Rosso) Ricciardo kemudian berhasil memenangkan pertarungan tersebut untuk menapaki posisi 12.
  • Lap ke-18. Jarak antara Raikkonen dengan Hamilton kini hanya 0,9 detik saja!
  • Lap ke-20. Raikkonen masuk pit untuk mengganti ke ban soft. Selepas dari pit,  Raikkonen berada di posisi 5. Satu lap kemudian, dari radio komunikasi Hamilton terdengar suara race engineer-nya, "come on, it's hammer time Lewis!"
  • Lap ke-25. Mesin mobil Ricciardo tampak bermasalah. Dia pun akhirnya pasrah dan out dari balapan.
  • Lap ke-27. Verstappen masuk pit, dan kemudian keluar untuk menempati posisi ke-6 di belakang Sebastian Ocon.
  • Lap ke-29. Hamilton masuk pit, dan kemudian kembali ke lintasan di belakang Raikkonen dan Bottas yang akan masuk pit.
  • Lap ke-30. Vettel masuk pit untuk kedua kalinya, dan kini berada di posisi 10.
  • Lap ke-38. Bottas masuk pit, membuat Raikkonen kembali memimpin balapan.
  • Lap ke-43. Pada tikungan pertama, Bottas kemudian masuk dari sisi luar untuk meng-overtake Verstappen. Namun terjadi benturan disana, dan terlihat Verstappen mendorong Bottas ke luar lintasan. Bottas kemudian menunjukkan ketrampilannya ketika meliuk-liuk seperti melakukan slalom-test untuk menghindari beberapa balok rintangan di luar lintasan...
  • Lap ke-45. Jarak Hamilton dengan Raikkonen sudah sangat dekat. Tak lama kemudian Hamilton berhasil meng-overtake Raikkonen dengan mulus. "Nice work, eight laps to go" teriak race engineer lewat radio komunikasi Hamilton...

Satu lap kemudian, Stewards mengganjar Verstappen dengan penalti 5 detik terkait insiden dengan Bottas sebelumnya.

Lap ke-51. Ban mobil Raikkonen sudah nyaris matang. Jaraknya dengan Hamilton kini 7 detik, dan nyaris tak mungkin untuk mengejarnya. Kini Raikkonen berjuang untuk menahan serangan Bottas dan Verstappen...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun