Pembelajaran musik di SD merupakan salah satu komponen pengajaran yang mendukung tercapainya pengembangan pribadi manusia. Pembelajaran ini bertujuan meningkatkan dan mengembangkan potensi rasa keindahan murid melalui pengalaman dan penghayatan musik, seperti rasa suka, penghargaan, dan tumbuhnya rasa musik. Pembelajaran musik ini diberikan secara bertahap menurut tingkat perkembangan anak. Dalam mengajarkan unsur musik juga tidak boleh satu per satu karena unsur musik telah menjadi satu dalam suatu komposisi. Pelaksanaan pembelajaran selalu memperhatikan pertambahan kemampuan, perkembangan sikap estetis, dan keterampilan musik secara gradual menurut tata urutan yang logis dengan memperhatikan kesenangan dan keterpaduan dengan kehidupan anak sehari-hari. Pengajaran musik lebih dahulu menekankan rasa irama, rasa nada untuk bernyanyi dengan tinggi rendah nada secara tepat dan denyutan-denyutan pulsa secara benar. Anak yang berada pada lingkungan klasikal akan lebih mudah tumbuh rasa musiknya dibanding anak pada masyarakat awam. Untuk dapat melaksanakan pembelajaran musik anak di SD, guru harus memiliki pengetahuan bagaimana pembelajaran musik pada anak SD, memiliki rasa suka pada musik, kemauan mengajarkan musik pada anak, pemahaman bahwa pembelajaran musik mengutamakan tumbuhnya rasa musik seperti rasa irama, rasa nada, harmonisasi, kesukaan dan penghayatan musik.
Dalam mengajarkan musik diperlukan sarana dan media musik seperti alat musik dan buku musik. Ketika melakukan pembahasan unsur-unsur musik alangkah baiknya jika disampaikan secara alamiah contohnya bernyanyi, bermain, bergerak, dan analisis lagu model