Mohon tunggu...
Syarif Dhanurendra
Syarif Dhanurendra Mohon Tunggu... penulis

man jadda wajada!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dari MOS ke MOPDB hingga MPLS

16 Juli 2019   13:37 Diperbarui: 16 Juli 2019   13:48 0 0 0 Mohon Tunggu...
Dari MOS ke MOPDB hingga MPLS
ilustrasi: sdn7muntok.sch.id

Masa Orientasi Siswa (MOS), kemudian ganti Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB), dan sekarang ganti lagi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  (MPLS). 

Bergantinya nama dalam orientasi siswa baru semoga juga membawa perbaikan dalam hal konsep dan penerapannya. MOS bukan lagi ajang perploncoan, namun bagaimana peserta didik baru dapat mengenal lingkungan sekolah dan kelak bisa nyaman menjalani masa-masa sekolah di tempat tersebut.

MPLS ini berubah mungkin karena di Perguruan Tinggu juga berubah. Dulu Ospek, sekarang PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru). Inti dari dua kegiatan ini sama, yaitu mengenalkan. Tidak lebih! Jadi jika ada senioritas yang berlebihan (memperlakukan siswa baru atau mahasiswa baru secara berlebihan), maka senior tersebut perlu diberikan sanksi. 

Prinsip keadilan harus dipegang tinggi oleh pimpinan lembaga terkait. Sebab, sekarang pelajar/mahasiswa sudah semakin cerdas. Sedikit saja salah dalam mengambil keputusan, lembaga tersebut akan mendapat ganjaran dari publik.