Mohon tunggu...
Chrisman Saragih
Chrisman Saragih Mohon Tunggu... Anak dua, cucu satu

Lahir di Bandung. Besar di Semarang. Gemar membaca

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Claudia Emmanuella Santoso, Peraih Medali Emas di "The Voice of Germany" Pantas Menerima Bonus 500 Juta?

24 Desember 2019   20:20 Diperbarui: 24 Desember 2019   20:39 29 0 0 Mohon Tunggu...

Lomba tarik suara "The Voice of Germany 2019" membawa kenangan manis bagi masyarakat Indonesia, sebab Claudia Emanuella Santoso, seorang pelajar Indonesia di Munich (1), berhasil menjadi juara The Voice of Germany 2019, dengan nilai yang fantastis yaitu mencapai hampir 50% . Apalagi prestasi yang diukir Claudia terjadi tepat pada Hari Pahlawan tanggal 10 November 2019.

 Sesulit apakah "medan pertempuran" yang harus dilalui oleh Claudia sehingga bisa menjuarai The Voice of Germany? Dalam hal teknik tarik suara, bertarung di The Voice of Germany tidak banyak berbeda dengan di The Voice of Indonesia, tapi ada masalah non-teknis yang sangat memengaruhi "performance" Claudia, yaitu masalah mental:

  1. Claudia datang seorang diri tanpa pelatih atau keluarga. Olahragawan yang mewakili Indonesia di ajang lomba internasional biasanya didampingi pelatih dan crew-nya, sehingga mereka tidak gugup dan mempunyai kepercayaan diri yang besar.
  2. Claudia bagaikan seekor burung pipit ditengah kerumunan burung rajawali. Claudia yang bertubuh mungil harus bersaing dengan orang-orang yang bertubuh tinggi besar dan harus berinteraksi dalam bahasa Jerman, padahal Claudia baru satu tahun di Jerman.

Beruntung Claudia memilih mentor yang tepat, yaitu Alice Merton (26 tahun), seorang musisi berdarah Jerman-Inggris, yang mempunyai pengalaman hidup mirip dengan Claudia. Alice Merton datang ke Jerman di usia muda dan ia mengalami kesulitan bahasa. Oleh karena itu Alice Merton mengerti bagaimana membimbing Claudia. 

Duo bertubuh "mungil" Alice Merton & Claudia Emanuella Santoso merupakan pasangan Coach & Penyanyi wanita yang pertama yang berhasil menjuarai The Voice of Germany sejak digelar sembilan tahun yang lalu. 

Alice Merton bukan seorang coach yang biasa bagi Claudia, ia sangat menyayangi "anak didiknya".

 

Ketika Ibu dan adiknya Claudia datang ke Jerman untuk mendukung di babak semi final, Alice Merton ikut merasakan kebahagiaan Claudia beserta keluarganya. "Family power! Plus me!", katanya.

 

Penyelenggara ajang tarik suara yang diikuti oleh Claudia Emanuella Santoso, yaitu The Voice of Germany, "bagai mendapat durian runtuh", pasalnya jumlah penonton di Youtube melonjak drastis, dengan angka yang tidak pernah dicapai oleh The Voice of..... dimana pun. Pada penampilan Claudia yang pertama, yaitu "Blind Audition" penonton mencapai 28.175.324 dengan 71.055 komentar. 

Pada penampilan kedua, 4.198.469 penonton dan pada penampilan ketiga, 7.765.934. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat. Nampaknya di masa mendatang Claudia akan banyak mendapat undangan lomba, karena penyelenggaranya mengharap penonton dari Indonesia akan membanjiri siaran mereka.

Apa hubungan kisah ini dengan judul tulisan diatas?

Seorang atlet peraih medali emas di Sea Games 2019 yang mengharumkan nama Indonesia di Asia  mendapat bonus Rp. 500 juta dari pemerintah (4). Tentu saja semua orang setuju atas penghargaan tersebut, karena kita tahu bagaimana lelahnya seorang atlet berlatih dalam waktu yang lama dan dengan disiplin yang tinggi, dan akhirnya dalam lomba mereka berhasil mencapai hal yang diinginkan, yaitu menjadi juara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x