Mohon tunggu...
Siti nurjanah
Siti nurjanah Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger

Suka melakukan perjalanan, baca buku, nonton film atau drama juga mendengarkan musik. - Nulis juga di : https://www.stnurjanahh.com - IG dan Twitter : @st_nurjanahh

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mandalika Bersiap Menjadi Destinasi Pariwisata Olahraga

18 November 2021   18:18 Diperbarui: 18 November 2021   18:25 211 13 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sirkuit Mandalika (Sumber gambar: Kemenparekraf)

Beberapa tahun lalu mengeksplore Lombok seperti mimpi menjadi nyata. Iya udah lama banget ingin berkunjung ke destinasi yang juga mendapat julukan pulau seribu masjid ini. Lombok is Wonderful Indonesia karena beragam keindahan gugusan pantai, perbukitan juga pegunungannya memiliki panorama yang begitu mengagumkan.

Bersyukurnya, Rinjani yang membuat begitu penasaran akhirnya bisa di jelajahi. Gunung yang memiliki ketinggian 3726 MDPL ini menyimpan beragam mitos yang masih dipercayai masyarakat. Satu lagi sisi keindahan yang tak terbantahkan adalah danau Sagara anakan.

Basecamp Sembalun Rinjani (Sumber gambar: Dokumen Pribadi)
Basecamp Sembalun Rinjani (Sumber gambar: Dokumen Pribadi)
Dan setelah sekian waktu, rindu untuk kembali menjejak ke Lombok dan mengeksplorasi destinasi lainnya tentu sangat di inginkan. Saat itu karena satu dan lain hal masih cukup banyak destinasi yang belum di kunjungi.

Sejak melihat keindahan Mandalika di sebuah jejaring internet sudah sempat berujar ingin balik lagi ke Lombok dan menikmati indah panoramanya. Pantai di Mandalika memiliki garis pantai yang memanjang  dengan air lautnya yang brewarna biru jernih. Keunikan sisi lainnya pemandangan berbukit-bukit kecil semakin menampakan khas dengan nuansa Lombok yang begitu natural. Belum lagi pasir putihnya yang begitu bersih, sungguh sebuah landscape yang mempesona.

Sampai sekitar tahun 2018, Aku sempat mendengar akan dibanguna sirkuit di kawasan Mandalika. Sempat bertanya-tanya apakah pembangunannya ini akan mengikis keasrian kawasan tersebut ?

DSP Mandalika atau Destinasi Super Prioritas dicanangkan sebagai Bali baru yang akan menjadi tujuan utama wisatawan selain Danau Toba (Sumatera Utara) , Candi Borobudur (Jawa Tengah),Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur) dan Likupang (Sulawesi Utara). 

Di samping itu Pemerintah dalam hal ini Kemenparkraf juga merencanakan untuk menjadikan Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Olahraga atau yang lebih dikenal dengan Sport Tourism Destination. Kawasan Mandalika ini sangat lengkap dan bisa disiapkan untuk olahraga apapun selain keindahan panorama alam yang disajikannya.

Ada beberapa pantai di kawasan Mandalika yakni Tanjung Aan, Kuta Mandalika, Seger, serta bukit dan gunung. Cukup unik kan, tak perlu jauh melalang buana karena di Indonesia Aja sudah bisa merasakan dan melihat lintasan sirkuit yang memanjang berlantar landscape indahnya alam di kawasan Mandalika. Tidak hanya sekedar wisata biasa bahkan bisa juga menikmati berbagai aktifitas olahraga lain selain MotoGP dan World Superbike misalnya :

1. Jogging di Kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok

Tidak hanya menjadi refresh mendengar desiran ombak yang membuat efek menenangkan. Dengan latar pantai yang indah di kawasan wisata Mandalika cocok banget jadi pilihan jogging track yang menyegarkan tubuh dan pikiran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan