Mohon tunggu...
Abdul Adzim Irsad
Abdul Adzim Irsad Mohon Tunggu... Mengajar di Universitas Negeri Malang

Menulis itu menyenangkan.

Selanjutnya

Tutup

Film

Film "Jack" Membuat Bonek Makin Asyik

10 Mei 2019   16:17 Diperbarui: 10 Mei 2019   16:46 0 0 0 Mohon Tunggu...
Film "Jack" Membuat Bonek Makin Asyik
Image caption

Bonek, sebutan pendukung Persebaya semakin bangga dengan hadirnya Film Jack yang khas dengan bahasa Surobyoaan. Arek Suroboyo, enom lan tuo, kaum elit dan alit, semua bahagia menyambut lahirnya film JACK

Inilah satu-satunya film yang di diproduksi langsung oleh Arek kelahiran Suroboyo yang di bidani oleh  SMK DR. SOETOMO berkolaborasi dengan PH Air Films dan Super8mm Studio plus di dukung sineas pekerja film Nasional. Mulai pemain, produser, sampai SMK DR. SOETOMO ikut langsung, sebagai sekolah yang memiliki jurusan Perfilman.

Karakteristik Bonek itu adalah "bondo nekad". Nah, kepala sekolah SMK DR. SOETOMO Juliantono Hadi SE.ST. M.Si benar-benar nekad, namun bukan sembarang nekad, tetapi nekad yang sangat terukur, rapi  nan sistematis. Hasilnya benar-benar membanggakan masyarakat Surabaya, sekaligus insan Perfilman dan pendidikan Indonesia.

Sejak dulu, Surabaya itu memang terkenal kasar bahasanya. Begitulah masyarakat umum menyebutnya. Namun kesantunan dan keramahan, dan keberanian, serta kecintaan Arek Arek Surabaya terhadap tanah Air Indonesia luar biasa.  Belanda, tunggang langgan dari bumi Surabaya karena perjuangan Arek Arek Surabaya yang di pimpin langsung para ulama.

Hampir semua tokoh-tokoh besar, mulai pejabat, seniman, dan agamawan lahir dan besar di Jawa Timur. Organisasi NU, satu-satunya organisasi keagamaan terbesar dunia lahir dan besar di Surabaya. Cak Lontong seniman Asal Surabaya pernah bercanda "NU itu organisasi terbesar di duni dan akhirat yang ngurusi dunia dan akhirat, sedangkan UN hanya mengurusi di dunia".  Cak Lontong, itu seniman asal Surabaya.

Film JACK membawa pesan toleransi tingkat tinggi, bagaimana cara hidup saling menghargai sesama anak bangsa Indonesia yang nyata-nyata memang ditakdirkan berbeda agama, suku, bahasa, etnis. Hanya Film Jack yang mampu menyajikan pesan toleransi dengan renyak nan gurih sesuai dengan ke khasan Surabaya yang unik, menarik, asyik bagi kaum milenial.  

Maka, karakteristik Arek Surobyo itu adalah "moderat" seperti kandungan film JACK yang menyajikan gaya moderatitas khas Surabaya. Zaky yang berasal dari keturunan Arab, sementara gadis ayu berkulit putih itu keturunan Cina. Ternyata bisa interaksi dengan baik. Walaupun awalnya kedua orangtuanya tidak setuju. Namun akhirnya keduanya bisa bersahabat akrab. Itulah ciri khas Arek Suroboyo yang moderat.

Film JACK kan tayang di 35 layar bioskop seluruh Kota/Kabupaten Jawa Timur jaringan bioskop Cinema XXI - CGV - CINEMAXX. Semua Arek Surabaya dimana-pun berada, mulai dari ujung Jawa paling timur hingga ujung barat. Khususnya pendukung Persebaya bisa menikmati karya otentik Arek Surabaya.

 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x