Mohon tunggu...
Syarifah Lestari
Syarifah Lestari Mohon Tunggu... Freelancer - www.iluvtari.com

iluvtari.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Kidal Itu Unik, Bukan Aneh

13 Agustus 2021   06:00 Diperbarui: 13 Agustus 2021   06:34 135 17 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kidal Itu Unik, Bukan Aneh
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash   

Salah satu siswa yang ikut kelas menulisku menggunakan tangan kirinya saat mencatat. Kuperhatikan, dia memang betul-betul kidal. Awalnya kukira hanya coba-coba, permainan anak SD. Ternyata nggak, dia memang lebih mahir menulis menggunakan tangan kiri!

Lalu bagaimana ia makan, apa pakai tangan kiri juga? Kalau cebok? Asli aku penasaran. Sampai suatu ketika ada kesempatan bertemu dengan ibu si anak, dan beliau menceritakan bagaimana ia membolehkan sebagian hal tetap dilakukan dengan tangan kiri, tapi sebagian lagi wajib dengan tangan kanan.

"Kalau nulis, ambil atau kasih sesuatu, dia boleh pakai tangan kiri. Tapi untuk makan dan salaman, wajib tangan kanan. Yang makan tangan kiri kan setan (hadits, pen). Karena dia makan tangan kanan, otomatis pas ke kamar mandi dia pakai tangan kiri, karena geli sendiri."

Kemudian dalam kesempatan lain, seorang terapis anak menyampaikan padaku dan wali murid lain, satu-satunya risiko menggunakan tangan kiri saat memberi dan menerima adalah prasangka buruk orang.

"Pikirkan efisiensi, kalau orangnya di sebelah kiri, lalu kita memaksa anak gunakan tangan kanan, itu bukannya merusak logika berpikir mereka? Bapak Ibu mau bilang 'pakai tangan bagus'? Kalau tangan kiri nggak bagus, ya dibuang saja!" begitu lebih kurang ucapan psikolog PAUD saat itu.

Kesimpulan dari pembuka yang ngalor ngidul ini; menjadi orang kidal bukanlah masalah!

Baca juga: Usia Melahirkan yang Ideal

Kenapa Orang Bisa Kidal?

Janin sudah mulai bergerak dan memilih tangan favoritnya sebelum otak mulai mengendalikan gerak tubuh. Tapi seorang anak baru diketahui lebih aktif dengan tangan kiri paling cepat pada usia 18 bulan, dan akan semakin jelas pada saat berumur 5 tahun.

Perkembangan tangan kidal sudah terjadi sejak dalam kandungan, yang itu sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dan paparan lingkungan selama kehamilan.

Baca juga: 10 Tanda Narsismu Kebablasan

Kelebihan Orang Kidal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan