Mohon tunggu...
Syarifah Lestari
Syarifah Lestari Mohon Tunggu... www.iluvtari.com

iluvtari.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

7 Cara Sederhana Mengatasi Masalah Kesehatan

7 Maret 2021   09:02 Diperbarui: 9 Maret 2021   07:31 380 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Cara Sederhana Mengatasi Masalah Kesehatan
Foto oleh Jon Flobrant via unsplash.com

Kamu pasti tertekan duluan saat mencari informasi tentang cara menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan tip-tip kesehatan lainnya, lalu pencarianmu berakhir di halaman iklan. Sabar, namanya juga usaha.

Ternyata, ada kebiasaan sehari-hari yang kalau dilakukan secara rutin, masalah kesehatanmu akan berakhir. Gratis dan mudah!

1. Minum Air Putih Saat Bangun Pagi

Dilansir dari tempo.co (3/5/17), minum setidaknya satu gelas air putih dalam keadaan perut yang benar-benar kosong setelah tidur di malam hari membantu memperbaiki sistem pencernaan. Satu gelas besar air putih setelah bangun tidur akan meningkatkan sistem pencernaan sebanyak 24% sehingga, dalam 1,5 jam ke depan, sistem pencernaan dapat menyerap banyak hal baik bagi tubuh.

Satu gelas air putih pada pagi hari mampu membantu ginjal mengeluarkan racun melalui aliran darah. Proses tersebut juga dikenal dengan nama detoksifikasi. Kabar baik lainnya, minum air dua gelas setengah jam sebelum makan, dapat mengendalikan nafsu makan. Tidak perlu diet gila-gilaan, kan.

Baca juga: Cara Sederhana Memperbaiki Kerusakan Gigi

2. Mandi Sebelum Subuh

Dr. Abdul Hamid Dayyat, dari Universitas Kairo, Mesir, menjelaskan manfaat kesehatan yang diperoleh seseorang dari aktivitas bangun dan mandi pada waktu fajar (sebelum subuh). Di antaranya adalah gas O3. Ketika fajar, kadar gas O3 sangat melimpah, namun berkurang sedikit demi sedikit sampai habis, saat matahari terbenam di sore harinya. Gas O3 sangat baik untuk urat syaraf, bermanfaat mengaktifkan kerja otak serta tulang.

3. Membersihkan Lidah

Lidah dapat menjadi sarang tumbuhnya bakteri, selain di gusi dan gigi. Kondisi lidah yang kotor dapat membuat napas menjadi bau. Bahkan menurut American Dental Association, lidah yang bersih dapat menurunkan bau mulut hingga 70% (hallosehat). Gunakan pembersih lidah khusus, atau bagian belakang sikat gigi yang bergelombang.

4. Jalan Kaki

Sudah bukan rahasia ya, jalan kaki adalah olahraga termurah dan termudah. Yang kita belum tahu pasti adalah, 10 ribu langkah---angka yang direkomendasikan para pakar---itu sama dengan berapa kilometer, dan bisa ditempuh berapa lama. Daripada cari sana sini, mending cari tau dengan mempraktikannya sendiri. Sudah ada aplikasi penghitung langkah di Play Store, tinggal pasang, lalu jalan.

5. Mengobrol

Para ilmuwan menemukan bahwa melakukan percakapan sederhana atau mengobrol bisa sama efektifnya dengan bermain permainan latihan otak (brain training game). Studi ini dilakukan oleh peneliti dari University of Zurich yang membandingkan 36 studi tentang latihan memori yang dilakukan tahun 1970-2007.

Beberapa penelitian sebelumnya menyimpulkan, baik orang yang sehat maupun yang mengalami gangguan kognitif ringan akan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam mengingat kata-kata setelah diberikan pelatihan memori. Artinya dengan ngobrol, atau lebih luas lagi, interaksi sosial, kamu juga akan lebih awet muda. Selain tidak cepat lupa, tersenyum, dan tertawa bersama teman-teman akan merelaksasi otot-otot wajah.

Baca juga: Orang Normal Tak Suka 11 Sikap Ini!

6. Menulis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x