Mohon tunggu...
Syarifah Lestari
Syarifah Lestari Mohon Tunggu... www.iluvtari.com

iluvtari.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

6 Perilaku Biasa yang Tak Boleh Dibiasakan

19 September 2020   19:04 Diperbarui: 19 September 2020   19:11 155 33 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Perilaku Biasa yang Tak Boleh Dibiasakan
Manan Chhabra on Unsplash

Bahwa begadang itu tidak sehat, kebanyakan makan dan minum manis itu gak baik, hampir semua orang tahu. Termasuk kamu kan?

Tapi 6 kebiasaan ini tak kalah buruknya kalau terus menerus kamu lakukan. Kalau boleh menebak, kamu mungkin tidak tahu satu atau beberapa di antaranya. Jadi simak baik-baik semuanya, ya!

1. Menahan Bersin

Kenapa jika bersin kita mengucap hamdalah? Ternyata, bersin adalah upaya tubuh membuang bakteri, virus, dan partikel debu. Menahan bersin sama halnya dengan menahan ledakan. Tindakan ini dapat meningkatkan tekanan darah, melukai saluran pendengaran, hingga merusak kerongkongan.

Jadi kalau merasa ingin bersin tapi di tempat atau waktu yang kurang tepat, tutup saja agar suaranya teredam, alih-alih menahan mekanisme otomatis bawaan penciptaan.

Menutup hidung dan mulut saat bersin juga merupakan upaya agar dropletmu tidak terciprat ke mana-mana. Apalagi di masa pandemi begini.

2. Tidur Tengkurap

Siapa sangka, pose tidur ternyaman ini ternyata berisiko menghasilkan kerut permanen pada wajah! Selain itu, sirkulasi darah dan napas pun terganggu. Posisi tidur ini juga membahayakan tulang leher bagian belakang.

Kalau kamu berniat membersihkan paru-paru, ganti caramu dari tengkurap ke sujud.

Baca juga: 6 Keajaiban Cewek

3. Menggigiti Pulpen

Menggigit pulpen, pensil, dan benda apa pun saat berpikir, mungkin terlihat keren. Nyatanya, kamu bisa terkena infeksi akibat kebiasaan ini.

Selain kuman yang mungkin ada di benda-benda tersebut, kamu juga tidak tahu kan zat kimia apa yang terkandung dari benda yang memang dibuat tidak untuk dikunyah itu.

4. Menahan Buang Air

Tubuh paling paham kapan kita harus membuang kotoran dan kapan menundanya. Melanggar aturan ini pasti berakibat buruk bagi kita sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x