Mohon tunggu...
Rudi Gaol
Rudi Gaol Mohon Tunggu...

Berpikir, Menelah dan bertindak

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Container Reefer Solusi untuk "Cold Storage"

3 Agustus 2018   21:56 Diperbarui: 4 Agustus 2018   06:08 2435 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Container Reefer Solusi untuk "Cold Storage"
Sumber: https://containerzona.com/

Container reefer mungkin tidak asing lagi bagi para pebisnis kuliner di Indonesia. Para pebisnis makanan yang memiliki omset ratusan juta setiap hari sudah pasti memiliki cold storage. Cold storage digunakan untuk menyimpan stock persediaan makanan agar tetap segar. Menjelang hari raya besar biasanya mereka menyewa container reefer untuk menambah persediaan stock makanan.

Reefer

Jika anda memiliki gerai makanan di Mall maka tidak mudah untuk mendapatkan atau membuat cold storage yang cukup besar. Selain biayanya yang sangat mahal. Apalagi jika anda baru saja memulai bisnis kuliner dan usaha anda mulai berkembang serta ingin membuat penyimpanan stock makanan dengan jumlah banyak. Tentu harus ada cold storage yang bisa digunakan kapan saja.

Container reefer adalah jawaban untuk menyimpan stock makanan dengan jumlah banyak. Biasanya container reefer terdiri dari 3 ukuran, yaitu ukuran 20 feet, 40 feet dan 40 HC. Dengan ukuran seperti itu maka sudah dapat menyimpan 15 sampai dengan 25 ton daging atau bahan makanan lainnya.

Perusahaan anda tidak harus membeli container reefer tersebut, banyak perusahaan di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia yang menyewakan container reefer.

Sebagai Perbandingan Antara Cold Storage Permanent dengan Container reefer:
Sebuah container reefer ukuran 20 feet adalah Panjang 6 meter, lebar 2,4 meter dan tinggi 2,6meter. Jika anda membuat cold storage dengan ukuran tersebut konon bisa menghabiskan dana lebih dari Rp. 500 juta.

Jika anda menyewa container reefer yang hanya Rp. 5.000.000,-/bulan. Maka dana Rp. 500.000.000,- / 5.000.000.-. Berarti dana 500 juta sudah bisa anda gunakan untuk menyewa container reefer kurang lebih 9 tahun.

Pembayaran untuk sewa container reefer bisa bulanan dan tahunan. Jika tahunan akan mendapatkan discount yang cukup besar. Berarti anda akan menghemat cost yang lumayan besar.

Dalam berbisnis segala aspek harus dipertimbangkan, seiring berjalannya waktu, tentu saja anda harus memiliki cold storage sendiri. Tapi menunggu perusahaan berkembang dan stabil perlu kreatifitas untuk mengatur dana yang ada.

Jadi, jika perusahaan anda masih mulai berkembang, sebaiknya menyewa container reefer untuk penyimpanan stock makanan. Anda bisa menempatkan container tersebut di area pusat perusahaan anda. Tentu saja agar mudah untuk dimonitor.

Hal Teknis yang harus anda siapkan jika ingin menyewa container reefer:

  • Sumber daya listrik minimal 19.000 Watt (untuk starting)
  • 3 phases
  • 380 Volt
  • Kabel ukuran 4x4

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN