Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis Lepas, Blogger dan Bidang Sosial

Blogger, Penulis , Traveller

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Aktivitas Ramadan di Rumah Aja

27 April 2021   14:05 Diperbarui: 27 April 2021   14:30 359 6 0 Mohon Tunggu...

Ramadan tahun 2021 hampir sama dengan tahun lalu , 2020.  Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Pandemi  belum berakhir.   Agar tidak terjadi peningkatan pemaparan  covid, kita semua dihimbau oleh Pemerintah  agar tetap bekerja dan beribadah di rumah saja.

Beberapa  kegiatan Ramadan yang dulunya dapat dilakukan di luar rumah dan berkumpul bersama dengan orang lain, sekarang tidak diperbolehkan.  Beberapa kegiatan yang  dihimbau dilakukan di rumah itu misalnya  membeli takjil, buka bersama dan tawarih.

Lalu apa alternatif  kegiatanmu apabila semua kegiatan  keagamaan itu harus dilakukan di rumah

Kita harus kembali kepada makna bulan Ramadan yaitu waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.   Tentunya kegiatan ibadah yang berada di luar rumah pun pasti dapat dilakukan di dalam rumah agar kita semua terhindar dari Covid yang masih terus melanda negara kita.

Ramadan juga merupakan bulan berkah dan pengampunan . Inilah saatnya kita semua memohon ampunan atas segala dosa yang pern akita perbuat.

Kegiatan di rumah dapat difokuskan dalam dua hal, keagamaan dan hobi (baik hobi lama maupun hobi baru).

Kegiatan Keagamaan:

  • Berdoa lebih banyak

Alangkah indahnya bisa melakukan ritual keagamaan mulai dari subuh dengan doa-doa yang dikumdandangkan .  

Selesai dengan shalat Subuh,makan sahur dengan khusuk.   Lalu pada pagi hari bisa melakukan kegiatan acara bersama komunitas secara virtual untuk membaca Alquaran bersama

Cara yang ditempuh memang berbeda tetapi tetap pada  maknya yang tetap sama.  Menggali ilmu keagamaan lebih nyaman dan terasa tetpat pada bulan Ramadan.    Agama juga mengajarkan untuk melakukan kebiasaan yang demikian.

Biasanya jika bukan bulan Ramadan, agak sulit untuk menerapkan atau menunaikan salat lima waktu , mulai dari subuh, dzuhur, ashar, magrib sampai Isya).Namun, kesempatan yang baik ketika kita berada di rumah bisa mengatur waktunya untuk mengkhatamkan Alquaran dan melakukan sunnah.

Lebih baik agar kita tidak lewat waktunya dari salat di atas, pasang alarm sebagai pengingat atau alarm.  Juga dapat menyediakan tempat  untuk melakukan ibadah itu agar lebih tenang dan semangat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN