Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Maafkan Saya, Tak Mampu Nulis Artikel di Gadget

29 Mei 2020   16:11 Diperbarui: 29 Mei 2020   16:12 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Artikel ini sudah mangkrak di mobile saya.  Saya tidak   bisa saya publish apabila tidak lanjutkan   di laptop saya. 

Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk akses Kompasiana melalui gadget dan menulis via mobile.  Namun, gagal!

 Apa yang terjadi?

Sulitnya bukan main, yang pertama tangan  tidak terbiasa menulis dengan gadget.  Ketika saya paksakan pun, saya menulis tidak lincah di keyboard mobile yang kecil bentuknya , bahkan waktu yang dibutuhkan lama sekali.  Belum lagi hasilnya  banyak "typo error", kekesalan hati yang luar biasa.   

Kedua, mata saya (usia saya sudah lanjut), yang keduanya katarak.  Satu mata telah operasi tapi tidak 100% berhasil, ternyata tidak nyaman sama sekali menulis di gadget . Layarnya kecil, mata saya harus menantang layar lebih tajam lagi.

Saya sebagai salah satu peserta Nangkring "Optimal Nulis dan Promosi Konten Lewat Mobile", bersama Kevin Andhika Legionardo, Community Product Superintendant  dan Apriansah, Social Media Strategist tanggal 22 Mei lalu. 

Dari penjelasan Kevin bahwa  dia telah riset dan menemukan bahwa  traffic pengunjung Kompasianer  adalah 70% berasal dari pengguna mobile.  Sisanya adalah Kompasianer yang menggunakan laptop untuk menulis artikelnya.

Dengan alasan di atas, diharapkan para penulis Kompasianer pun  menyesuaikan  menulis dengan layar pembaca di mobile.  

Format yang direkomendasikan adalah satu paragraf maksimum dua kalimat.  1-2  kalimat per paragraf adalah paling ideal , jadi komposisi yang paling optimal untuk mobile.   

Panjang kalimat maximum 7-10 kata.  

Mengatur  paragraf ini penting sekali agar tidak melelahkan pembaca yang umumnya berusia 20-34 tahun dengan gawainya.

Lalu Kevin memberikan bantuan dan tips mengakses Kompasiana yang paling mudah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun