Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis Lepas, Blogger dan Bidang Sosial

Blogger, Penulis , Traveller

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Tergiurkah "Influencer" Tawaran Anggaran Rp 72 Milyar?

27 Februari 2020   08:05 Diperbarui: 27 Februari 2020   08:40 120 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tergiurkah "Influencer" Tawaran  Anggaran Rp 72 Milyar?
CelebesTopNews.com

Corona Virus telah  berdampak besar bagi perekonomian dunia maupun  Indonesia.  Prediksi pertumbuhan ekonomi negara mulanya 5 persen, ternyata  anjlok 5 persen hingga 4,7 persen akibat penyebarannya.

Pemerintah tentu tidak bisa berdiam diri menantikan redanya corona virus.   Sulitnya memprediksi berapa lama penyebaran corona virus ini berlangsung .

Oleh karena itu Pemerintah harus segera bertindak untuk  mengantisipasi .  Pemerintah berpikir serius untuk bisa mempertahankan agar pertumbuhannya tetap 5 persen dan tidak tergerus hingga 0,11 hingga 0,30 persen. Penurunan itu berasal dari turunnya ekspor dan impor. 

Sektor perdagangan kena imbas karena sumber berasal dari luar. Ekspor dan impor terus melambat karena aktivitas nya terganggu dan akhirnya barang hilang dan harga pun akan naik.

Sektor pariwisata pun ikut terpukul karena target wisatawan dari China yang langsung datang ke Menado dan Bali turun drastis, sebelumnya jumlah wisatawan China mengunjungi  Menado sekitar 70,910 di tahun 2019 sementara 1,196,497 di Bali.   Sekarang wisatawan China itu tidak ada sama sekali dengan terhentinya maskapai langsung dari China ke Menado dan Bali dihentikan.   Padahal tiap wisatawan asing itu menghabiskan biaya untuk tinggal di Bali maupun di Menado sekitar USD 1,000,  artinya kita kehilangan devisa  sebesar  USD 1,200-USD 1,358  Karena hilangnya jumlah wisatawan itu.

 Padahal   target dalam APBD 2020-2024 yang diberikan kepada Kementrian Pariwisata, untuk mendapatkan devisa mencapai 21 juta dollar AS atau sekitar Rp.294 milliar.

Wishnutama selaku Menteri Pariwisata, tentunya harus mengejar target ini dengan dibukanya 5 bali baru yang jadi prioritas baru.  Ke 5 Bali baru itu merupakan andalan destinasi super prioritas Indonesia  Danau Toba, Borobudur, Bunaken, Mandalika, Bangka Belitung.

Oleh karena itu Presiden Joko Widodo (Jokowi)   pada  tanggal 25 PEbruari 2020 bersama dengan Bapak Airlangga Hartato selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, mengadakan rapat terbatas untuk antisipasi penyebaran virus corona.

Disebutkan oleh Bapak Airlangga bahwa  Pemerintah menyiapkan anggaran Rp.298,8 miliar  untuk insentif bagi wisatawan mancanegara .   Insentif ini terdiri atas  bagian Rp.98,5 milliar untuk subsidi diskon tiket pesawat dan anggaran promosi sebesar Rp.103 milliar sendangkan kegiatan pariwisata sebesar Rp.25 milliar. Sedangkan sisa sebesar sekitar Rp.72 miliar untuk media relation dan influencer.

Dengan adanya kata "influencer" dan kata "72 miliar", para influencer pun heboh , ingin ikut ambil bagian dari proyek besar itu.

Tentunya sebagai influencer domestik pun punya harapan besar ikut berpartisipasi untuk membantu Pemerintah dalam mempromosikan destinasi wisata 5 Bali Baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x