Mohon tunggu...
Ferry Willi Riawan
Ferry Willi Riawan Mohon Tunggu... Pustakawan - Menjadi lebih baik

Habis Gelap Terbitlah Terang (R.A Kartini)

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Resensi Buku: Film Sebagai Proses Kreatif

22 Mei 2024   12:38 Diperbarui: 2 Juni 2024   08:59 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: (Dokumentasi Pribadi).

Judul Buku : Film Sebagai Proses Kreatif.

Penulis : Dr. Redi Panuju, M.Si.

Edisi : Pertama.

Tebal Buku : 213 halaman.

ISBN : 978-623-7374-16-9.


Penerbit :  Inteligensia Media.

Tahun Terbit : 2019.

Buku Film Sebagai Proses Kreatif hasil karya Dr. Redi Panuju., M.Si. yang diterbitkan pada tahun 2019 merupakan buku ajar yang diharapkan untuk mahasiswa ilmu komunikasi mempunyai kompetensi tentang ide-ide dalam film, sumber-sumber yang digunakan untuk menyusun sebuah cerita (story), pilihan genre yang dikehendaki oleh pembuat film. Film itu sendiri pada zaman sekarang tidak sebagai media hiburan semata melainkan sebuah media penyampaian pesan, pengkomunikasi ide serta gagasan selain buku. Buku ini juga membahas kompetensi keterampilan pada mata kuliah pengantar ilmu komunikasi. Nantinya mahasiswa bisa mencoba dan belajar membuat ide cerita sendiri. Minimal bisa menyusun skenario sebuah film. Buku ini merupakan luaran (output) dari penelitian Perjalanan Produksi Sinema Indonesia yang dibiayai oleh Kementerian Ristek Dikti melalui program hibah Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT) tahun 2018 dan 2019. Dengan membaca buku berjudul Film Sebagai Proses Kreatif pembaca diharapkan bisa menumbuhkan semangat dan minat pada bidang film.


Penulis buku dengan judul Film Sebagai Proses Kreatif merupakan Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi sejak tahun 1989 hingga sekarang. Beliau juga telah menjadi Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Penulis sendiri telah mempublikasi karya buku sebanyak 26 judul. Gaya bahasa yang dituliskan dalam buku ini mudah untuk dipahami. Materi dalam buku ini berisi Pendahuluan, Film Sebagai Kajian Keilmuan, Genre Film, Sumber Cerita Film, Judul-judul Film, Film Sebagai Refleksi Sosial (1), Film Sebagai Refleksi Sosial (2), Film-film Indonesia Box Office, Tentang Sensor Film, Produksi Film, Glosarium, Index, Daftar Pustaka Dan Tentang Penulis. Menurut pesan dari penulis sendiri semoga buku ini bisa memberi daya dorong untuk pembaca serta melahirkan sebuah karya yang bermutu di bidang perfilman.  


Kelebihan buku ini sangat cocok sebagai bahan referensi untuk mahasiswa prodi ilmu komunikasi, dosen pengajar ilmu komunikasi dan bidang broadcast produksi film. Buku ini bagus terdapat ilustrasi gambar, tabel, glosarium, indeks, daftar pustaka dan tentang penulis pada isi buku. Cover buku menarik menurut peresensi. Dikarenakan warna kebiru-biruan dengan ilustrasi sebuah kamera dan roll film.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun