Eki Tirtana Zamzani
Eki Tirtana Zamzani Pendidik

Guru yang mengajar di kelas diperhatikan oleh 25-30 siswa, apabila ditambahi dengan aktivitas menulis maka akan lebih banyak yang memperhatikan tulisan-tulisannya. ekitirtanazamzani.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Keuntungan yang Didapat Kompasianer Saat Tulisan Menjadi Terpopuler

24 Agustus 2018   06:48 Diperbarui: 24 Agustus 2018   12:05 446 5 3

Berkembangnya internet memudahkan penulis dalam berkarya. Munculnya blog sebagai media untuk menulis di dunia maya melalui jaringan internet. Keuntungan yang didapat saat kita rajin menulis peristiwa yang kita alami maka akan tercatat di blog pribadi. Saat kita ingin membacanya kembali. Kita bisa membuka tulisan tersebut di profil blog kita.

Media blog ada banyak jenisnya. Penyedia blog dari luar negeri seperti www.blogger.com, www.wordpress.com, dan lain-lain. Sebelum memulai menulis kita harus mendaftar terlebih dahulu di situs penyedia pembuat blog.

Syaratnya kita harus memiliki email (surat elektronik) terlebih dahulu. Tulisan yang kita tulis bisa dicari oleh orang lain melalui situs pencari seperti www.google.com. Saat kata kunci yang dicari sesuai dengan isi tulisan yang kita buat. Maka google akan memuat judul tulisan kita di lamannya. Setelah itu saat orang lain mengklik judul tersebut maka halaman web diarahkan ke blog kita.

Media warga kompasiana termasuk sarana yang bisa dimanfaatkan oleh warga untuk menulis peristiwa yang telah dialaminya. Bahasanya tidak kaku. Kita bebas menulis sesuai dengan gaya bahasa yang kita inginkan. Karena kompasiana adalah media sosial yang berbasis blog. Saat tulisan kita baik dan memberikan pengetahuan baru bagi orang lain maka bisa menjadi artikel pilihan. Penentuan artikel pilihan sudah ada kriteria yang telah ditentukan oleh admin kompasiana.

Kepopuleran dari Tulisan

Tulisan yang kita publish di kompasiana bisa  berkesempatan mendapatkan tempat dihalaman utama kompasiana. Artikel utama (headline) posisinya terletak diatas sendiri. Biasanya artikel yang membahas kejadian yang lagi aktual akan memiliki peluang yang besar untuk menjadi artikel utama. Ada lima tulisan penulis yang berkesempatan untuk menjadi artikel utama. Tulisan tersebut biasanya menjadi artikel pilihan terlebih dahulu.

Saat tulisan menjadi artikel utama maka pembacanya bisa membludak. Hal ini bisa menyebabkan tulisan kita menjadi viral (virus virtual). Tulisan akan menjadi seperti virus di dunia maya (virtual) yang penyebaranya begitu cepat. 

Keuntungan saat artikel kita menjadi artikel utama dikompasiana adalah  bisa dipromosikan oleh akun media sosial kompasiana. Media sosial tersebut seperti : twitter, instagram, dan facebook.

Selain itu tulisan kita akan dipromosikan dihalaman utama kompas.com. Hal inilah yang menyebabkan pembacanya bisa membludak. Karena kompas.com adalah media arus utama milik harian kompas. Setiap pekannya artikel yang pembacanya membludak akan masuk ke trend artikel tiap pekan dihalaman kompasiana. Hal ini akan menyebabkan tulisan semakin populer dengan pembaca mencapai ribuan.

Ada lagi artikel terpopuler dalam tiap harinya. Biasanya artikel tersebut berasal dari tulisan kompasianer yang dipublish selama dua belas jam. Saat pengunjungnya banyak maka artikel kita berpeluang untuk menjadi lima artikel terpopuler hari itu. Kunci agar tulisan kita bisa menjadi terpopuler adalah dengan judul yang menarik sehingga pembaca tertarik untuk mengklik judul dan membaca isi tulisan kita.

Kini kebijakan baru dikompasiana, penulis kompasiana (kompasianer) akan mendapatkan apresiasi berupa uang elektronik (e-money). Pendapatan kompasianer berdasarkan dari jumlah pembaca. Kompasiana pada bulan ini membatasi 3000 view (jumlah pembaca) untuk setiap kompasianer yang akan mendapatkan e-money dari program ini. Program ini akan terus berlangsung sampai akhir tahun yakni bulan Desember. Setiap awal bulan admin kompasiana akan mengumumkan perolehan e-money kompasianer pada bulan sebelumnya.

Kesimpulan

Saat tulisan kita di kompasiana menjadi populer dengan pembaca di internet yang begitu banyak. Hal ini bisa menjadikan  keuntungan bagi penulisnya untuk bisa ikut terkenal. Keterkenalan ini tentunya bisa membawa berkah bagi penulisnya. 

Saat tulisan yang kita publish bisa menjadi artikel pilihan. Maka ada perusahaan yang bisa saja tertarik untuk menugaskan kita menulis mengenai produknya. Karena artikel pilihan lebih berpeluang untuk dibaca oleh banyak orang.

Saat kita menjadi freelance writer, maka kita tetap bisa menulis tanpa meninggalkan pekerjaan utama kita. Waktu menulis bebas. Saat kita ada waktu luang untuk menulis. Sehingga kita bisa menambah rezeki dari aktivitas menulis kita di kompasiana. Amin

Mojokerto, 24-08-2018

Salam,

Eki Tirtana Zamzani