Mohon tunggu...
Eki Tirtana Zamzani
Eki Tirtana Zamzani Mohon Tunggu... Guru - Pendidik yang mengisi waktu luang dengan menulis

Guru yang mengajar di kelas diperhatikan oleh 25-30 siswa, apabila ditambahi dengan aktivitas menulis maka akan lebih banyak yang memperhatikan tulisan-tulisannya. ekitirtanazamzani.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengulas Artikel Pilihan Kompasiana di Bulan Juli

5 Agustus 2018   03:12 Diperbarui: 5 Agustus 2018   04:09 449
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.kompasiana.com/www.etzcoy.blogspot.com

Apakah pembaca pernah bermimpi untuk bisa menerbitkan tulisannya dikompasiana menjadi buku pada setiap bulannya? Apakah mimpi tersebut bisa terwujud ? itulah pertanyaan yang ada didalam benak penulis sekarang. 

Saya sudah berusaha untuk aktif menulis di kompasiana. Meskipun aktivitas menulis menjadi tantangan yang berat bagi saya. Karena saya harus bisa membagi waktu antara kerja dan menulis. Saya bisa menulis dimalam hari atau pada hari libur.

Keinginan saya adalah menulis lalu menerbitkan sebuah buku pada setiap bulannya. Saat ini ada penerbit baru di daerah Jombang yang menawarkan paket murah menerbitkan buku. Nama penerbitnya kun fayakun. 

Bulan ini penerbit tersebut mengeluarkan promo paket penerbitan hemat. Yakni dengan paket hemat Rp.299.000,00 penulis akan mendapatkan fasilitas jumlah halaman buku 75, dapat ISBN, desain cover, dan lay out. Penulis akan mendapatkan dua buku dengan bebas ongkos kirim.

Pada Bulan Juli saya telah berhasil menulis di kompasiana sebanyak sebelas tulisan. Kalau dirata-rata saya bisa menulis sebanyak satu tulisan pada setiap tiga hari sekali. Artikel yang saya tulis pada bulan Juli ada berbagai jenis tema. Admin kompasiana memberikan label artikel utama sebanyak dua tulisan, artikel pilihan sebanyak tujuh tulisan,  dan ada dua tulisan tidak berlabel atau artikel biasa.

Saya merasakan kalau bisa aktif menulis dikompasiana lagi. Setelah beberapa bulan lalu absen karena mata saya merah. Saya merasakan perih dan kering di mata apabila melihat layar laptop atau phonsel terlalu lama. Biasanya saya kalau menulis itu dimalam hari seperti saat ini. Tepatnya pada tengah malam mendekati dini hari. Saya merasakan kesulitan untuk tidur. Lalu saya mengisi waktu tersebut dengan menulis artikel di kompasiana. 

Meskipun ide itu tidak datang-datang. Saya mencoba mencari ide untuk dijadikan bahan artikel yang bisa dibaca oleh pembaca sambil bersantai sejenak dirumah. Atau lagi jogging pada pagi hari di hari Minggu. 

Jujur saya merasa senang kalau tulisan saya diberikan label pilihan oleh admin kompasiana. Rasanya begitu bahagia saat artikel yang telah kita tulis dengan lelah dan berjam-jam bisa dihadiahi menjadi artikel pilihan. Setelah menguploud tulisan. Saya biasanya membaca artikel pilihan kompasianer lain. Sambil menunggu barangkali artikel yang baru saya upload bisa berkesempatan untuk diberikan label pilihan oleh admin. 

Saat artikel tersebut menjadi artikel pilihan. Beban saya dalam menulis terasa hilang. Karena saat artikel kita menjadi artikel pilihan oleh admin kompasiana. Maka secara otomatis artikel tersebut bisa bermanfaat bagi pembaca. Dan layak untuk dibaca oleh orang lain.

https://muckrack.com/eki-tirtana-zamzani/articles
https://muckrack.com/eki-tirtana-zamzani/articles
Oke, tema yang akan saya bahas pada artikel  kali ini adalah mengulas artikel-artikel yang telah saya tayangkan dikompasiana. Saya menemukan website https://muckrack.com/eki-tirtana-zamzani. Website tersebut mencantumkan tulisan-tulisan saya dikompasiana yang berlabel pilihan dan artikel utama. Website tersebut mengambil sebagian artikel saya pada paragraf pertama. Setelah itu apabila pembaca ingin membaca artikel selengkapnya maka web tersebut akan mengarahkan pembaca ke laman web akun kompasiana kita.

Informasi yang saya dapatkan dari website muck rack, website ini dikhususkan bagi publik relation (PR) dan jurnalis. Seperti artikel yang telah saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berikut ini:  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun