Mohon tunggu...
denni irawan
denni irawan Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Nature

Pemasaran Digital

28 Mei 2015   12:02 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:31 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menurut wikipedia

Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar.

Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologishumanisantropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.

Menurut saya, konsep promosi digital adalah

[caption id="attachment_368160" align="aligncenter" width="300" caption="Komponen dalam promosi di online"][/caption]

Kalo dulu mengenal  strategi marketing adalah istilah ” AIDA”, yaitu

1. Awareness ; konsumen mulai sadar keberadaan produk kita mungkin melalu media cetak, dalam fase ini        konsumen bisa cukup tahu. tools yg dipakai biasanya brosur, flyer, billboard, iklan tvc atau radio

2. Interest : konsumen mulai tertarik dan mulai mencari tahu mengenai brand atau produk kita. Fase ini konsumen  mulai sedikit mencari tahu namun belum terlalu detail

3. Desire : konsumen mulai benar-benar tertarik dan mencoba mencari tahu lebih detail. Dalam hal ini sudah ada kebutuhan akan produk tersebut

4. Action: Fase ini adalah yang paling diinginkan semua Brand. Konsumen langsung membeli produk

Nah kalo di Pemasaran atau Promosi Digital, strateginya adalah

1. Attract ; adalah fase memperkenalkan brand kepada konsumen. nah tools yang dipakai disini adalah


  1. Website
  2. Facebook
  3. BLog
  4. Keywords


* utk keyword akan kita bahas kemudian

2. Convert, adalah fase dimana setelah konsumen attract atau tertarik atau masuk kedalam fase sebelumnya, dimana dalam fase ini konsumen biasa sudah willingly memberikan kontak information. Informasi yang masuk akan menjadi database dan dapat menjadi potential buyer. “Contact information is the most valuable currency there is to the online marketer.” Tools yang dipakai pada fase ini adalah


  1. Form kontak
  2. Call to action
  3. Landing Page


3. Close, nah kita sudah dapat konsumen yg attract, kita sudah dapat database dan informasi mereka. Selanjutnya adalah kita lebih personalisasi. Tools pada fase ini adalah


  1. CRM
  2. Email


4. Delight, fase ini kita harus menyediakan smart content, baik buat konsumen lama maupun calon visitor. Kebanyakan pada Bisnis owner menganggap sepele smart content. Company  continues to engage with, delight, and (hopefully) upsell their current customer base into happy promoters of the organizations and products they love. Tools pada fase ini adalah


  1. Smart Content
  2. Survey
  3. Social Monitoring


Kalo secara grafik bisa disimpulkan dengan gambar dibawah

[caption id="attachment_368161" align="aligncenter" width="300" caption="Digital Online Tools"]

14327889931944832992
14327889931944832992
[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun