Mohon tunggu...
Wulidatul Rohma
Wulidatul Rohma Mohon Tunggu... Profil pribadi

Seorang mahasiswa dari IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Apa Saja Problema yang Ada pada Filsafat Ilmu?

10 Oktober 2019   21:54 Diperbarui: 10 Oktober 2019   22:00 0 0 0 Mohon Tunggu...

Sebelum kita membahas soal problema filsafat ilmu, kita harus mengetahui arti dari filsafat itu sendiri apa. Filsafat itu menurut saya suatu proses berpikir manusia yang mengarahkan-nya agar menjadi orang yang bijaksana dalam menghadapi segala sesuatu yang ada dalam hidupnya atau boleh dibilang membimbing manusia dalam menyelesaikan berbagai macam persoalan hidup yang belum ditemukan titik temunya. Filsafat juga harus memiliki ilmu, karena kalau tidak didasari dengan adanya ilmu, maka tidak akan memiliki sebuah makna yang berarti.

Dalam filsat itu sendiri juga punya sebuah objek yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu: objek materil dan objek formal. Objek materil itu memiliki arti suatu benda yang bisa dijadikan bahan dari adanya suatu penelitian. 

Yang kedua yaitu objek formal, objek formal itu berasal dari point of view atau dari sudut pandang peneliti ketika meneliti suatu objek material tersebut.

Setelah kita memahami pengertian dan berbagai macam objek dari filsafat ilmu, maka kita akan membahas tentang persoalan-persoalan apa saja yang terkandung di dalam filsafat ilmu.

  1. Problema epistemologis, problema ini membahas tentang teori pengetahuan yang bersifat sesuai dengan kenyataan yang telah ada.
  2. Problema metodologis, problema ini membicarakan tentang sebuah metode atau cara apa saja yang telah kita lakukan dalam mencari atau memperoleh suatu ilmu pengetahuan.
  3. Problema metafisis, problema ini membicarakan tentang segala sesuatu yang berkenaan dengan alam,namun sifatnya tidak nampak. Misalnya kita pasti pernah memikirkan bagaimana tuhan kita menciptakan segala sesuatu yang ada di muka bumi ini. Hal semacam itu pula, yang pernah dipikirkan oleh seorang ahli filsafat yang bernama Thales.
  4. Problema logika, problema ini berkenaan dengan cara kita memproses atau mengartikan  suatu ilmu pengetahuan yang dilakukan secara sadar, sehingga kita bisa mendapatkan suatu kesimpulan yang pasti atau benar.
  5. Problema etika, problema ini menyangkut tentang bagaimana cara kita menyikapi berbagai macam perilaku baik-buruknya manusia.
  6. Problema estetika, problema ini membicarakan tentang berbagai macam bentuk keindahan yang memerlukan indra penglihatan manusia sebagai alat utamanya, sehingga kita bisa mengapresiasikan sebuah karya seni dengan baik.

Anda pasti bertanya-tanya manfaat apa saja yang bisa kita ambil dari mempelajari berbagai hal tentang filsafat ilmu?

  1. filsafat ilmu itu mengajarkan kepada kita agar bisa menjalani hidup dengan lebih baik lagi dari pada yang sebelumnya.
  2. filsafat itu memberikan keberanian kepada kita untuk bisa menyampaikan pendapat dengan baik.
  3. Filsafat itu selain mengajarkan kita untuk berfikir kritis dan logis, juga melatih kita untuk selalu positive thinking dalam berbagai hal.

Mungkin itu saja yang bisa saya jabarkan, terkait berbagai macam problema dari filsafat ilmu, dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda para pembaca.