Bab IIÂ
Tinjauan PustakaÂ
2.1 Sumber Daya ManusiaÂ
Secara umum, sumber daya manusia mencakup pada sumber daya manusia yang terkait dengan karyawan yang bekerja dalam suatu organisasi. Sumber daya manusia merupakan proses manajemen serta pengelolaan tenaga kerja di dalam suatu organisasi. Manusia adalah bagian penting dari organisasi yang akan bergerak dan melakukan hal-hal untuk mencapai tujuan mereka. Sumber daya manusia merupakan subyek yang berperan menentukan keberhasilan perusahaan mencapai tujuannya. Sumber daya manusia merupakan aset perusahaan yang harus dipelihara dan dikembangkan sehingga dapat memberikan kontribusi optimal bagi kelanjutan perusahaan itu sendiri.Â
Sumber daya manusia (SDM) memiliki berbagai definisi dalam organisasi. Menurut Ajabar (2020 : 4) sumber daya manusia merupakan kunci pokok bagi organisasi dalam menjalankan tujuannya. Perusahaan atau organisasi harus didukung oleh pegawai yang berkompeten serta handal, dikarenakan sumber daya manusia memiliki peran penting dalam mencapai keunggulan dan keberhasilan perusahaan atau organisasi. Menurut Kuruppu et al.(2021), keberhasilan suatu organisasi sangat begantung pada SDM-nya.Â
2.2 PelatihanÂ
Secara umum, pelatihan adalah proses pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, seta pengetahuan pada seseorang di bidang tertentu. Pelatihan juga merupakan sebagai jembatan antara potensi individu dengan kebutuhan pekerjaan yang terus berkembang.
Pelatihan merupakan upaya terorganisir yang bertujuan untuk mendorong perolehan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan sehingga karyawan dapat menguasai dan menggunakan kompetensi tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka (Noe, 2020). Pelatihan berfokus pada pengembangan keterampilan kerja yang berkaitan langsung dengan tugas dan tanggung jawab karyawan. Namun, menurut Ajabar (2020:22), pelatihan adalah proses untuk meningkatkan kinerja karyawan atau meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis mereka.
Sebagian besar bisnis mengeluarkan biaya untuk pelatihan karena hal ini mengarah pada pembelajaran, yang menghasilkan pengetahuan, dan pengetahuan yang membedakan organisasi. Menurut Berber et.al (2020), pelatihan merupakan suatu proses pendidikan dalam jangka pendek yang menggunakan prosedur - prosedur sistematis dan terorganisir sehingga tenaga kerja mempelajari pengetahuan dan keterampilan untuk tujuan tertentu. Pelatihan berkaitan dengan kompetensi dan keterampilan pekerja dalam melaksanakan tanggung jawab mereka. Keterampilan kerja dan pelatihan karyawan memberikan pengetahuan dan penerapan di tempat kerja untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai hasil yang diinginkan (Dessler, 2020).
2.2.1 Indikator PelatihanÂ
Menurut (Wahyunata, 2021 : 114) indikator-indikator pelatihan tersebut yaitu :