Mohon tunggu...
anisa wulandari
anisa wulandari Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Seorang anak yang masih terombang-ambing, punya niat tapi jarang mengeksekusi tulisannya. Dalam tulisan ini, mari menyelam bersama saya, barangkali sajak-sajak saya mewakili perasaan kamu, ikan hiu makan tomat ailepyu :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

PDKT-an Yuk Sama Jupiter: 5 Fakta tentang Jupiter!

28 Agustus 2022   16:52 Diperbarui: 28 Agustus 2022   16:55 257 17 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Planet Jupiter. Sumber Ilustrasi : id.pngtree.com

Berbicara tentang astronomi memang ga ada habis-habisnya, bumi yang sekarang kita pijaki mempunyai segudang misteri di luar angkasa sana, sampai sekarang pun belum ada ilmuwan yang bisa memecahkan kebenaran adanya alien dan sekelibet tentang ufo yang telah beredar sana kemari. Berbalik dari sana izinkan saya untuk mengajak sobat semua untuk mendekati salah satu planet dalam tata surya kita. 

Daripada pdkt sama kamu mending pdkt sama jupiter, pdkt sama kamu belum tentu jadian soalnya. Eh?...

Jadi, udah berapa lama kamu pdkt-an sama Jupiter? Seberapa kenal kita dengan planet terbesar di tata surya kita? Kenalan yuk sama si planet terbesar ini lewat 5 fakta berikut :

  • 1.  Faktanya Jupiter adalah planet dengan rotasi tercepat di antara palnet-planet yang lain. Diantara 8 planet di tata surya kita, Jupiter ini lah si paling cepat. Kalau Bumi kita rotasinya kan butuh 24 jam untuk sekali berotasi sedangkan Jupiter hanya butuh 10 jam sekali berotasi, dengan rotasi nya yang cepat ini memungkinkan si doi untuk membantunya menghasilkan medan magnet yang kuat.
  • 2. Tidak hanya Saturnus yang punya cincin, ternyata Jupiter juga punya cincin! Bedanya kalau punya Jupiter ini cincinya sangat tipis dan redup, hal ini dikarenakan cincin Jupiter terdiri atas debu dan es yang kurang reflektif terhadap sinar matahari. Keren!
  • 3. Jupiter ternyata ga bisa jadi bintang teman, hal ini dikarenakan massa yang dimiliki oleh Jupiter terlalu rendah, jadi Jupiter perlu 80 kali massa yang setara dengan dia untuk bisa bersinar seperti bintang. Semangat tuan Jupiter!
  • 4. Volume Jupiter itu sangat besar lho! Jika kita masukkan Bumi dalam Jupiter, maka akan muat 1321 bumi. Wadaww!
  • 5. Fakta yang selanjutnya adalah ternyata Jupiter ini bucin sama Bumi, sebagai planet yang terbesar nyatanya Jupiter adalah pelindung bagi Bumi kita guys, dengan gravitasi yang kuat yang dimiliki Jupiter, jupiter mampu mengubah arah pergerakan asteroid yang akan menabrak Bumi malah membuat asteroid menabrak Jupiter itu sendiri, kalau kata Jupiter mah "Yang penting kamu aman,Bum"

Jupiterrr gemes deh pengen bawa pulangg!

Sumber:
• Hellmich, S., Mottola, S., Hahn, G., Kührt, E., & de Niem, D. (2019). Influence of the Yarkovsky force on Jupiter Trojan asteroids. Astronomy & Astrophysics, 630, A148.
• Iafrate, G., & Ramella, M. (2019). The mass of Jupiter. Nature, 50(1297), 458.
• Nelson, P. L., & Block, W. E. (2018). The Gas Giants. In Space Capitalism (pp. 91-97). Palgrave Macmillan, Cham.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan