Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pasangan Anies-Ganjar Sangat Menarik, tapi...

25 November 2021   21:54 Diperbarui: 26 November 2021   08:42 352 31 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (sumber : tribunnews.com)

Membicarakan pasangan capres-cawapres (calon presiden-calon wakil presiden) untuk Pilpres (Pemilihan Presiden) tahun 2024 nanti merupakan hal yang menarik. Tak heran jika banyak lembaga survei, pengamat politik, atau media sering membicarakan hal ini.

Sejumlah lembaga survei dan beberapa pengamat politik, selain pernah melakukan beberapa survei mengenai elektabilitas sejumlah tokoh, juga melakukan beberapa simulasi pasangan capres-cawapres. Misalnya mengadakan simulasi, memasangkan Prabowo dengan Puan Maharani, Prabowo dengan Anies Baswedan, atau Prabowo dengan tokoh lainnya.

Ada juga yang membuat simulasi, memasangkan Anies Baswedan dengan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), Anies dengan Puan, Ganjar Pranowo dengan Erick Thohir,  Airlangga Hartarto dengan Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dengan Sandiaga Uno, dan sebagainya.

Membuat simulasi pasangan capres-cawapres untuk pilpres 2024 nanti tentu boleh-boleh saja. Siapa pun boleh melakukannya, tapi tentu dengan argumentasi yang logis dan bisa dipertanggung jawabkan.  

Dalam hal ini ada simulasi satu pasangan capres-cawapres yang sangat menarik. Simulasi pasangan yang dimaksud adalah pasangan Anies Baswedan dengan Ganjar Pranowo.

Bahkan di awal November 2021 pasangan ini sempat viral didukung dan akan dideklarasikan oleh 6 partai politik. Namun ternyata kabar itu dibantah oleh beberapa petinggi partai politik terkait dan dinyatakan sebagai hoaks.

Terlepas dari ada atau tidaknya keterkaitan dengan dukungan partai politik, simulasi pasangan Anies Baswedan dengan Ganjar Pranowo memang sangat menarik untuk dibicarakan. Mengapa? Sebab kedua tokoh itu memiliki elektabilitas tinggi.

Menurut banyak lembaga survei, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo selalu berada di posisi "Tiga Besar" tokoh dengan elektabilitas tertinggi. Seperti hasil survei Indikator Politik di bulan Maret lalu misalnya.

Elektabilitas Anies Baswedan ada di urutan pertama dengan angka 15,2 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo berada di urutan ke-2 dengan angka 13,7 persen.

Kemudian hasil survei IPO  (Indonesia Political Opinion) di bulan Agustus. Elektabilitas Anies Baswedan masih ada di urutan pertama dengan angka 18,7 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo berada di urutan ke-2 dengan angka 16,5 persen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan