Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Inilah Tujuh Kebaikan yang Bisa Dilakukan di Masa Pandemi

27 Juli 2021   10:50 Diperbarui: 27 Juli 2021   11:24 371 54 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Tujuh Kebaikan yang Bisa Dilakukan di Masa Pandemi
Ilustrasi berbagi kebaikan dengan berbagi rezeki di tengah pandemi (sumber : kompas.com)

Suatu kebaikan atau perbuatan baik bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Begitu pula bentuk kebaikan yang bisa dilakukan, sangat beragam bentuknya.

Terlebih di masa pandemi covid-19 ini, kesempatan kita melakukan kebaikan semakin banyak. Begitu pula bentuk kebaikan yang bisa kita lakukan juga menjadi semakin beragam bentuknya.

Di masa pandemi ini ketergantungan orang-orang satu dengan lainnya menjadi lebih tinggi. Bahkan sebagian orang tertentu memiliki ketergantungan yang sangat tinggi kepada orang lain.

Misalnya orang yang terpapar covid-19 yang sangat membutuhkan bantuan dan peran tenaga kesehatan. Begitu pula mereka yang terdampak secara ekonomi, mereka sangat membutuhkan uluran tangan orang-orang yang berkemampuan.

Di masa pandemi ini kita sebagai bagian dari masyarakat tentu saja bisa turut andil membantu atau memberikan kontribusi banyak kebaikan kepada sesama. Bentuknya bisa berupa materi,  tapi bisa juga non-materi.

Diantara banyak kebaikan yang bisa kita lakukan di masa pandemi ini, ada tujuh kebaikan yang sangat penting kita lakukan. Berikut ini adalah tujuh kebaikan yang dimaksud.

Pertama, senantiasa menjalankan protokol kesehatan. Ini sepertinya sepele, tapi nilai kebaikannya luar biasa.

Dengan senantiasa menjalankan protokol kesehatan, yaitu dengan menerapkan 5M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas) pada dasarnya kita telah menyelamatkan diri kita sendiri dan orang lain dari kemungkinan terinfeksi covid-19.

Senantiasa menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi ini bahkan bisa dikatakan sebagai kebaikan tertinggi. Sebab hanya dengan senantiasa menjalankan protokol kesehatan lah penyebaran virus corona bisa dihambat atau diminimalisir.

Menyebarnya virus corona secara cepat dan masif, pada dasarnya karena banyak orang  yang tidak atau kurang memedulikan protokol kesehatan. Mereka tidak mau repot atau bersusah payahmelakukan kebiasaan-kebiasaan yang tidak biasa dilakukan ketika situasi normal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN