Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Papajar, Tradisi Piknik dan Makan-makan Sebelum Puasa

10 April 2021   09:51 Diperbarui: 12 April 2021   18:30 646 42 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Papajar, Tradisi Piknik dan Makan-makan Sebelum Puasa
Ilustrasi Papajar, makan nasi liwet beramai-ramai di atas daun pisang (jabar.tribunnews.com)

Papajar adalah sebuah tradisi yang biasa dilakukan oleh umat Islam atau masyarakat muslim yang ada di Kabupaten Cianjur sebelum atau setiap menjelang datangnya bulan suci Ramadhan (bulan Puasa). Tradisi ini sudah sejak lama dilakukan, baik oleh mereka yang ada di perkotaan maupun mereka yang ada di pedesaan.

Tua-muda, laki-laki-perempuan, dan anak-anak-orang tua, semua melakukan tradisi Papajar dengan riang gembira. Mereka sangat antusias dan menikmati tradisi itu.

Tradisi Papajar pada dasarnya merupakan bentuk ekspresi rasa senang dan gembira dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Tradisi tersebut sudah sejak puluhan tahun yang lalu dilakukan oleh umat Islam yang ada di Kabupaten Cianjur.

Tradisi Papajar umumnya mulai dilakukan setelah pertengahan Bulan Sya'ban. Namun tradisi Papajar lebih sering dilakukan seminggu atau beberapa hari sebelum masuk bulan Ramadhan alias bulan puasa.

Pada umumnya ada dua kegiatan yang dilakukan dalam Papajar, Pertama, piknik alias pergi ke tempat wisata dan kedua, makan-makan. Baik pergi ke tempat wisata atau makan-makan, keduanya dilakukan secara bersama-sama dengan kerabat, teman, tetangga atau siapa saja.

Mereka yang melakukan Papajar, pergi ke tempat wisata bersama-sama dengan kerabat, teman, tetangga atau yang lainnya sambil membawa bekal makanan cukup banyak. Nanti di tempat wisata mereka akan membuka bekal makanan itu dan memakannya secara beramai-ramai.

Salah satu tempat wisata yang menjadi favorit masyarakat muslim kabupaten Cianjur setiap kali melakukan papajar adalah pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Walaupun jarak tempuh Cianjur-Pelabuhan Ratu cukup jauh, bukan suatu halangan bagi masyarakat muslim kabupaten Cianjur melakukan Papajar ke sana.

Tempat wisata favorit lain masyarakat muslim kabupaten Cianjur setiap kali melakukan papajar adalah Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Di samping tempatnya luas, Kebun Raya Cibodas juga memiliki udara yang sejuk nan menyegarkan. Tak mengherankan jika Kebun Raya Cibodas dijadikan tempat Papajar.

Selain pantai Pelabuhan Ratu dan Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, beberapa tempat wisata lain yang masih berada di Cianjur juga sering dijadikan tempat Papajar. Seperti pantai (bendungan) Jangari, Taman Bunga Nusantara, atau yang terbaru Wana Wisata Pokland (Pongpok Landak).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN