Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

PAN Reformasi Hadir, Elite PAN Ketar-ketir?

1 September 2020   13:11 Diperbarui: 2 September 2020   04:39 1128 37 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PAN Reformasi Hadir, Elite PAN Ketar-ketir?
Amien Rais (tribunnews.com)

Kabar akan hadirnya partai baru sempalan dari PAN (Partai Amanat Nasional) terdengar semakin kencang. Seperti diberitakan banyak sumber, partai baru sempalan dari PAN yang digagas oleh Amien Rais dan para loyalisnya tersebut akan siap dideklarasikan pada bulan Desember 2020 mendatang.

Amien Rais dan para  loyalisnya sudah menyiapkan nama dan logo partai. Konon ada 28 buah usulan nama partai, tetapi mengerucut kepada nama PAN-Reformasi. Sedangkan mengenai logo tak jauh juga dari logo PAN, berlatar biru dan ada  gambar mataharinya.

Mengenai nama, kalau lah jadi nama "PAN Reformasi" yang disepakati dan digunakan sebagai nama partai memang cukup masuk akal. Begitu pula dengan logo  dan latar  belakang warna partai. Namanya juga partai sempalan, secara anatomi mungkin masih memiliki ikatan batin yang kuat dengan induknya.

Sebagaimana dulu PDI-P misalnya, yang memiliki banyak kemiripan dengan induknya PDI (Partai Demokrasi Indonesia). Nama hanya ditambah huruf "P" (perjuangan) di belakang PDI. Begitu pula dengan logo masih kepala banteng dan latar belakang warna partai masih merah.

Kalau lah nanti PAN Reformasi jadi didirikan, berarti akan menambah lagi daftar partai baru setelah sebelumnya ada partai Gelora besutan Fahri Hamzah dan Anis Matta  yang didirikan bertepatan dengan hari sumpah pemuda, yakni 28 Oktober 2019 lalu. Partai Gelora juga merupaan partai sempalan, yakni sempalan dari PKS (Partai Keadilan Sejahtera).

Hal menarik dari hadirnya PAN Reformasi adalah mengenai pengaruhnya bagi partai induk, yakni PAN. Sebab banyak pihak memperkirakan hadirnya partai baru sempalan dari PAN akan menggerus suara PAN.

Mungkinkah suara PAN akan tergerus oleh PAN Reformasi sebagai partai sempalannya? Jawabannya sangat mungkin. Banyak pemilih PAN akan berpaling kepada partai  baru sempalan dari PAN, salah satunya karena faktor Amien Rais.

Amien Rais adalah tokoh sentral PAN. Selama ini nama PAN sudah identik dengan nama Amien Rais. Amien Rais menjadi alasan banyak pemilih untuk memilih PAN.

Artinya banyak pemilih ketika menjatuhkan pilihannya kepada PAN sesungguhnya mereka tidak memilih PAN, tetapi memilih Amien Rais. Sangat masuk akal jika kemudian kepindahan Amien Rais dari PAN ke PAN Reformasi nanti akan diikuti pula oleh banyak pemilih PAN.  

Hal tersebut tentu bukan kabar baik bagi para elite PAN. Akan tetapi mereka tidak bisa dan tidak berhak menghalangi Amien Rais dan para loyalisnya untuk membuat partai baru.

Jangan tanya, apakah para elite PAN khawatir atau tidak dengan akan adanya partai baru sempalan dari PAN bentukan Amien Rais dan para loyalisnya. Walau pun tidak diucapkan tentu mereka merasa khawatir dan ketar-ketir.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN