Mohon tunggu...
Wisri Atuti
Wisri Atuti Mohon Tunggu... Guru - Guru IPA di SMP Negeri 120 Jakarta, Suka menulis dan senang mempelajari hal - hal yang baru untuk menambah wawasan dan diagikan kepada peserta didik /teman sejawat

Wisri Atuti, lahir di Jakarta 53 tahun lalu. Mengajar di SMP Negeri 120 Jakarta Utara.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menemani Siswa Mengunjungi Perpustakaan Sekolah

20 November 2022   04:16 Diperbarui: 20 November 2022   04:28 420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mendampingi peserta didik kelas 7 menjadi hal yang menyenangkan bagi saya. Berinteraksi dengan anak - anak yang baru menjadi siswa SMP adalah hal yang mengasyikkan. 

Saya bisa melihat dua dunia, masa anak - anak dan peralihan ke masa remaja. Banyak hal yang bisa saya tumbuhkan kepada anak- anak tersebut. Salah satunya yaitu menumbuhkan minat baca. Walau cukup sulit, karena harus bersaing dengan gawai canggih yang ada ditangan anak - anak. 

Salah satu cara mendekatkan anak - anak dengan buku adalah mengajak mereka ke perpustakaan sekolah. Dengan menggunakan jam pelajaran yang saya ampu, kami bersama-sama mengunjungi perpustakaan.Saya menyebutnya "berwisata ke perpustakaan sekolah". Semuanya semangat dengan ajakan saya.

Setelah sampai di perpustakaan, saya meminta agar anak-anak membuka sepatu dan meletakkannya dengan rapi. Sebelum masuk, semua anak saya arahkan untuk membaca tata tetib yang berlaku. 

Setelah itu, mereka harus mengisi buku peengunjung. Dengan tertib satu persatu menuliskan nama, kelas dan keperluannya di buku pengunjung yang telah disediakan.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Barulah anak-anak itu mencari buku. Semuanya bebas memilih buku yang disukai. Buku boleh dipinjam untuk dibawa pulang selama waktu tertentu. Buku juga bisa digunakan pada saat kegiatan literasi. 

Semuanya antusias. Jika mendapatkan buku yang sesuai dengan keinginan, tanpa sadar mereka berteriak kegirangan. Kembali saya mengingatkan jika diperpustakaan tidak boleh berbicara keras.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun