Mohon tunggu...
Wirnanda Hanifah
Wirnanda Hanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa/Universitas Negeri Padang/2022

hallo saya nanda, mahasiswa universitas negeri padang angkat 2019 jurusan olahraga. saya memiliki hoby kuliner atau pada bidang food dan beverages. selain itu saya juga bekerja sebagai barista disalah satu coffeshop di padang, sumatra barat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran

18 Juli 2022   14:30 Diperbarui: 18 Juli 2022   14:40 3094
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi 

TIK memuat semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Jadi, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.

Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan. Jadi teknologi informasi dan komunikasi berart merupakan rekayasa manusia terhadap proses penyampaian suatu informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain secara lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer / pemindahan informasi antar media. Dikemukakan oleh Smaldino dalam : (Dewi Salma Prawiradiulaga, dkk, 2013:2), 

Proses belajar yang memanfaatkan sumber belajar yang bersifat elektronik, dan bernamtuan computer, namun tidak selalu harus terhubung dengan internet. Belajar berbasis jaringan (web-bassed learning), merupakan proses belajar yang menggunaka number dan media internet untuk memudahkan proses belajar dan mengajar.

Keterkaitan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pendidikan

Teknologi informasi dan konunikasi menjadi suatu teknologi yang sangat penting bagi masyarakat termasuk dalam dunia pendidikan, karena dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran (materi pembelajaran) yang dapat diakses dari teknologi tersebut. Jika peserta didik memiliki kemampuan dan menguasainya maka akan besar manfaatkan bagi peserta didik dapat mengembangkan bahan ajar yang sesdang dipelajarinya.

Fasilitas TIK tetap memberikan manfaat kepada guru/dosen/instruktur, (soekartawi, 2002 dalam Lantif, D P., (2011:231), bahwa guru/dosen/instruktur menjadi dapat lebih mudah a) melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung-jawabnya yang sesuai dengan perkembangan keilmuan, b) mengembangkan diri dan melaksanakan penelitian untuk meningkatkan wawasannya karena waktu luang yang dimiliki menjadi relatif lebih banyak, c) mengontrol kegiatan belajar mengajar peserta didik, bahkan mampu mengetahui peserta didiknya kapan belajar, topik yang sedang dipelajari, berapa lama satu topik dipelajari, dan berapa kali sutu topik tertentu berulang dipelajari, d) mengecek apakah peserta didik sudah mengerjakan soal-soal latihan sesudah mempelajari suatu topik tertentu, dan e) memeriksa jawaban peserta didk dan memberitahukan hasilnya kepada peserta didik.

Terdapat beberapa karakteristik internet yang perlu dimengerti oleh peserta didik agar dapat dengan tepat menggunakannya sebagai sarana pembelajaran,yaitu :1) bahwa internet merupakan perpustakaan raksasa yang sangat sulit menghitung berapa banyak jumlah sumber informasi ysng dapat diakses secara gratis serta sangat mendukung kesuksesan keterlaksanaannya pembelajaran berbasis elektronik (e-learning), 2) Seluruh sumber yang diperoleh memlaui jaringan internet, dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkannya termasuk guru maupun peserta didik Beberapa manfaat TIK sebagai sumber pembelajaran, yaitu : a) tidak diperlukan sebuah ruang kelas, b) interaksi individu dapat terjadi pada saat itu juga baik melalui fasilitas chating, audio/video multicasting dapat juga melalui e-mail, bulleting board dan mailing list. c) dapat dijadikan sebagai fasilitas pendukung proses pembelajaran, d) peserta didik dapat terakses dengan perpustakaan maya di seluruh dunia dan dapat dijadikan sebagai sarana penelitian dalam meningkatkan pemahaman bahan ajar, (Andayani, 2011: 8.7).

Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah

Perkembangan media komunikasi mengalami kemajuan yang sangat pesat di masa sekarang ini. Sebelumnya ada bermacam-macam media yang dapat dipergunakan dalam proses belajar mengajar. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi mampu memberikan stimulus kepada peserta didik agar giat dalam belajar. Karena adanya berbagai manfaat kemajuan media komunikasi bagi pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada tahun-tahun terakhir ini berkembang dengan pesat atau dengan suatu kecepatan yang sangat tinggi, pekembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang tidak lagi terbatas pada informasi media cetak dan elektronik, namun sekarang sumber-sumber informasi tersebut dapat diakses melalui jaringan internet. Peran sumber serta media pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan harapan mampu meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Sumber dan media pembelajaran sanagt berperan dalam penggunaan metode pembelajaran yang akan diterapkan oleh guru agar penyampaian materi belajar akan lebih efektif dan efisien. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi pada kegiatan pembelajaran. Selain menggunakan alat bantu yang murah dan sederhana, guru dituntut untuk mampu menggunakan berbagai media pembelajaran yang canggih dan modern sebagai hasil inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Disamping mampu menggunakan alat-alat bantu pembelajaran yang tersedia di sekolah, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan dalam membuat media pembelajaran yang murah dan sederhana apabila media tersebut belum tersedia di sekolahnya. Untuk itu, menurut Hamalik (1994:6), Guru yang professional perlu memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media pembelajaran, yang meliputi: 1) Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses pembelajaran. 2) Fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. 3) Seluk beluk kegiatan proses pembelajaran. 4) Hubungan antara metode pembelajaran dengan media pembelajaran. 5) Manfaat media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. 6) Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran. 7) Berbagai jenis alat dan teknik media pembelajaran. 8) Media pembelajaran dalam setiap karakteristik bahan pembelajaran. 9) Usaha inovasi dalam media pembelajaran. 

Dengan media pembelajaran peran guru adalah “pengatur lalu lintas proses pembelajaran siswa”. Siswa “siswa pencari informasi” yang tersedia dalam sumber informasi yang dapat diakses melalui internet. Guru bertugas untuk membimbing siswa dalam menyimpulkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang telah mereka pelajari, (Marisa, 2011 : 1.9). Dengan melalui TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran terbentuklah sikap dan kemampuan untuk menjadi seorang pembelajaran sepanjang hayat dimana, kemampuan yang perlu ditanamkan kepada peserta didik adalah kemampuan mencari informasi dari sumber yang ada serta mampu memanfaatkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun