Mohon tunggu...
Wini Nur Aprilliani
Wini Nur Aprilliani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Hai perkenalkan saya adalah mahasiswi di salah satu Universitas pendidikan Indonesia, dengan jurusan yang sangat berkaitan dekat pada anak-anak :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UPI Bantu UMK Pelatihan Foto Produk di Desa Cileles Jatinangor

25 September 2022   12:07 Diperbarui: 25 September 2022   12:09 79 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
MAHASISWA KKN UPI Bantu UMK Pelatihan Foto Produk di Desa Cileles Jatinangor

UMK telah memberikan kontribusi yang besar dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan pendapatan bagi masyarakat Indonesia. Karena itu, pemberdayaan dan pengembangan yang berkelanjutan perlu dilakukan agar UMK tidak hanya tumbuh dari aspek jumlah semata, tetapi juga dalam aspek kualitas dan daya saing produk beserta brandnya. Salah satu pembentuk daya saing dari sebuah brand UMK adalah bagaimana brand tersebut terekam dalam foto produk, yang biasanya dipajang dalam etalase digital di media sosial berupa Instagram atau marketplace lainnya.

Salah satu fungsi dari fotografi adalah meningkatkan penjualan, yang diimplementasikan oleh fotografi produk. Fotografi produk sendiri merupakan salah satu senjata utama bagi para brand UMK untuk berjualan di toko online, media sosial, atau marketplace. Karena, untuk memenangkan persaingan pada bisnis online, tiap brand harus berbeda dari yang lain. Jika satu brand tidak mempunyai ciri khas atau fotografi produk yang menarik, kemungkinan besar pembeli tidak akan tertarik membeli produknya.

Mahasiswa kelompok 158 F KKN TEMATIK UPI 2022 membantu para pelaku UMK di desa Cileles Jatinangor salah satunya yaitu melakukan pendampingan foto produk UMK dengan tujuan agar dapat menjadi identitas bagi para pelaku UMK dan dapat meningkatkan nilai jual dari produk itu sendiri. Calon konsumen akan lebih mudah memahami suatu iklan berdasarkan dari foto produk saja. Karena di era yang serba digital ini para pelaku UMK diharuskan untuk mampu berinovasi melalui platform digital seperti sosial media dan e-commerce sebagai media promosi dan juga untuk memasarkan produk yang lebih luas.

Foto produk sangat penting bagi para pelaku usaha karena dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli pada saat dibuatnya foto produk yang serius dan terkonsep dengan baik maka calon pelanggan akan semakin percaya dan terlihat memiliki kualitas produk yang baik. Melakukan foto produk juga harus memperhatikan kemasan yang unik, objek yang bagus, dan properti yang menarik. Selain itu juga, perlu dilakukan editing untuk mempertajam dan mempercantik tampilan hasil dari potret foto produk itu sendiri.

Hasil yang didapatkan ternyata sangat berpengaruh besar untuk para pemilik UMK karena pada packaging sudah memiliki packag yang bagus ditambah dengan skill yang kami latih menjadikan pemilik UMK merasa senang dan terbantu dengan adanya pelatihan langsung tersebut.
Dikutip pada respon dari ibu Nuri salah satu pemilik UMK di desa Cileles yaitu basreng katanya "terimakasih banyak kepada anak2 KKN dari UPI yang sudah sangat membantu saya sebagai owner UMK yang bisa lebih mengasah keterampilan pada bidang foto yang dapat menjadikan saya lebih kreatif lagi pada penjualan untuk mendapat respon yang baik untuk konsumen ketika melihat hasil foto dari penjualan saya."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan