Mohon tunggu...
Windu Hernowo
Windu Hernowo Mohon Tunggu...

Post stroke Survivor retired from QHSE Manager at Schlumberger. Modern Safety Management Consultant http://hernowo1.wordpress.com/. Actively involved in Yayasan Stroke Indonesia and co-founder of LSM-Himpunan Peduli Stroke. Now doing experiments and writting novel =>http://fathirmuqodas.wordpress.com Pemerhati masalah sosial, ekonomi da politik diluar olah raga dan manajemen

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Sekilas tentang Energi Angin

15 Desember 2015   18:11 Diperbarui: 15 Desember 2015   21:14 1488 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Sumber gambar : Wikipedia"][/caption]Pertumbuhan konsumsi dan peningkatan yang stabil di harga sumber-sumber non terbarukan telah memaksa orang untuk mencari bahan bakar alternatif yang tersedia murah dan dapat memenuhi permintaan mereka untuk energi. Di antara alternatif yang tersedia, salah satunya adalah energi angin. Angin adalah salah satu sumber energi alternatif yang telah digunakan sejak tahun 2000SM. Tenaga angin memiliki potensi besar dan telah tumbuh cepat dalam beberapa tahun terakhir. Berikut adalah 35 fakta tentang energi angin yang dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang sumber energi hijau ini.

Angin adalah salah satu sumber terbaik dari energi alternatif. Angin mengacu pada pergerakan udara dari daerah bertekanan tinggi ke daerah tekanan rendah. Angin ini disebabkan oleh pemanasan yang tidak merata permukaan bumi dengan matahari. Udara panas naik dan udara dingin mengalir untuk menggantikan tempatnya. Angin akan selalu ada selama energi matahari ada dan orang akan dapat memanfaatkan energi dari sampai kemudian.

Ini adalah sumber energi terbarukan dan tidak menghasilkan polutan atau emisi selama operasi yang dapat membahayakan lingkungan, selain yang diperlukan untuk pemeliharaan. Energi angin merupakan salah satu metode yang terbersih dan teraman dari pembangkit listrik terbarukan. Pengumpulan angin dapat dibuat untuk perangkap energi angin dengan menempatkan beberapa turbin angin di lokasi yang sama untuk tujuan menghasilkan sejumlah besar tenaga listrik.

 

Berikut adalah 35 Fakta tentang Energi Angin

  1. Fakta 1: kekuatan angin terdiri dari mengubah energi dari angin ke bentuk energi lain. Ada berbagai cara untuk memanfaatkan itu. Misalnya kincir angin menghasilkan energi mekanik, memungkinkan layar untuk menggerakkan kapal dan menghasilkan listrik.
  2. Fakta 2: Kincir Angin telah digunakan sejak tahun 2000 SM dan pertama kali dikembangkan di Persia dan China. Pelaut kuno berlayar ke negeri-negeri jauh dengan memanfaatkan angin. Petani digunakan tenaga angin untuk memompa air dan untuk menggiling biji-bijian. Saat ini penggunaan paling populer dari energi angin mengubahnya menjadi energi listrik untuk memenuhi kebutuhan energi kritis planet.
  3. Fakta 3: Energi angin kurang dimanfaatkan seperti yang sekarang dan memiliki potensi yang luar biasa untuk masa depan. Meskipun telah terjadi peningkatan 25% dalam penggunaan turbin angin dalam dekade terakhir, energi angin masih memberikan hanya sebagian kecil dari energi dunia.
  4. Fakta 4: Energi angin sebagian besar dimanfaatkan oleh turbin angin yang tinggi. Pada banyak bangunan dan memiliki tiga bilah sekitar 60 meter panjangnya. Mereka menyerupai baling-baling raksasa pesawat terbang dipasang pada tongkat. Bilah berputar oleh angin yang mentransfer gerak ke poros dihubungkan ke generator yang menghasilkan listrik.
  5. Fakta 5: Turbin terbesar dapat memanfaatkan energi untuk daya 600 rumah Amerika. Turbin ini membentuk peternakan angin dan ratusan disusun dalam baris di tempat berangin seperti punggung bukit. Sebuah turbin kecil di halaman belakang dapat dengan mudah menyalakan sebuah usaha kecil atau rumah. Sebuah peternakan angin adalah kumpulan turbin angin di lokasi yang sama. Banyak peternakan angin memberikan pendapatan sewa untuk masyarakat pedesaan di mana mereka berada.
  • Fakta 6: Energi angin dihargai karena merupakan sumber energi bersih dan menyebabkan minimumpollution. Biaya operasional yang minimal setelah ereksi turbin. Produksi massal dan kemajuan teknologi membuat turbin lebih murah daripada sebelumnya.
  • Fakta 7: Angin turbin telah dikritik karena beberapa alasan. Hal ini menyatakan bahwa turbin angin menyebabkan kebisingan dan mengganggu penduduk di dekatnya. Para penggemar turbin perlahan bergerak juga dituduh merugikan kelelawar dan populasi burung lokalitas tapi tuduhan ini tidak berdasar karena lebih banyak jumlah burung dibunuh oleh faktor lain seperti jaringan listrik, mobil dan bangunan tinggi. Kritik lainnya adalah bahwa energi angin Variabel- jika tidak ada angin karena beberapa alasan, generasi berhenti listrik.
  • Fakta 8: Industri energi angin berkembang dengan pesat. Generasi global yang dilihatnya empat kali lipat dari tahun 2000 hingga 2006. Pada 2012, lebih dari 70.000 mega watt kapasitas global yang dihasilkan. Satu mega watt tunggal cukup untuk menerangi 250 rumah. Kapasitas yang paling terpasang energi angin di Jerman diikuti oleh Spanyol. AS dan China juga menggunakan. Jika momentum pertumbuhan ini didukung, energi angin akan mampu memenuhi sepertiga dari kebutuhan energi global pada tahun 2050.
  • Fakta 9: Energy Angin adalah yang paling cepat berkembang dari produksi listrik di seluruh planet. Pada tahun 2012, $ 25 miliar dihabiskan untuk investasi energi angin. Turbin modern memanfaatkan lebih dari 15 kali listrik yang dihasilkan pada tahun 1990. Tenaga angin di AS adalah $ 10 miliar industri tahun. Sumber terbesar dari kapasitas pembangkit baru untuk listrik pada tahun 2012 adalah energi angin akuntansi untuk 40% dari total kapasitas.
  • Fakta 10: Tenaga angin juga unik karena fakta bahwa ia tidak menggunakan air. Pada tahun 2030, tenaga angin akan menghemat sekitar 30 triliun botol air di AS
  • Fakta 11: Angin peternakan dapat dibangun di lokasi lepas pantai. Angin yang stabil dan kuat di lokasi lepas pantai tapi menyiapkan infrastruktur mahal.
  • Fakta 12: Energi angin terbarukan dan bebas polusi sumber energi. Hal ini sebagian besar digunakan untuk menghasilkan listrik dan sumber berlimpah energi di banyak bagian Amerika Serikat.
  • Fakta 13: Energi angin dapat menjadi sumber alternatif untuk bahan bakar fosil dan telah berkembang di banyak negara, terutama di Eropa.
  • Fakta 14: Sebagian besar turbin angin modern memiliki 3 bilah yang dapat mencapai kecepatan di ujung lebih dari 320 kilometer per jam (200 mph).
  • Fakta 15: Turbin angin terbesar di dunia terletak di AS di Hawaii. Berdiri pada 20 tempat tinggi dan memiliki bilah sepanjang lapangan sepak bola.
  • Fakta 16: Menurut NREL, 1MW dari energi angin dapat mengirangi sekitar 2.600 ton karbon dioksida (CO2).
  • Fakta 17: Turbin angin modern yang pertama dibangun pada tahun 1940 di Vermont.
  • Fakta 19: turbin angin bahkan dapat diinstal pada struktur yang metal yang dapat meneruskan listrik kembali ke tanah dengan bantuan kabel .
  • Fakta 20: Sesuai informasi yang dirilis oleh Pusat Keanekaragaman Hayati, sebanyak 1.300 elang, dan spesies predator lainnya dibunuh setiap tahun karena turbin angin yang dibangun di sepanjang rute migrasi kritis.
  • Fakta 21: Pada tahun 2009, US 1 persen dari total produksi listrik nasional pada saat itu dihasilkan Ebergi Angin. Energi yang dihasilkan adalah sekitar 52 miliar jam KW pada tahun 2008.
  • Fakta 22: Energi angin menghasilkan lebih dari 20% dari total produksi listrik di negara-negara seperti Denmark dan Portugal.
  • Fakta 23: Kelemahan utama dari energi angin adalah: biaya instalasi tinggi, perubahan kecepatan angin dan tidak cocok untuk semua daerah.
  • Fakta 24: Grup besar dari turbin angin disebut peternakan angin telah dipasang di 38 + negara bagian AS dan saat ini beroperasi instalasi angin untuk utilitas.
  • Fakta 25: Pada kuartal terakhir 2012, Texas memimpin dalam instalasi Energi angin baru (dengan 1.289 megawatt), diikuti oleh California, Kansas, Oklahoma dan Iowa.
  • Fakta 26: Tips turbin angin sangat besar bisa mencapai delapan hingga 200 m (650ft).
  • Fakta 27: Albert Betz, adalah seorang fisikawan Jerman dan pelopor teknologi turbin angin. Ia menemukan teori energi angin dan diterbitkan dalam bukunya Wind-Energie.
  • Fakta 28: 60.007 MW adalah total kapasitas terpasang angin di AS pada akhir tahun 2012.
  • Fakta 29: Sekitar $ 25000000000 investasi dilakukan pada tahun 2012 dalam proyek-proyek Energi Angin baru dan selama 5 tahun investasi rata-rata tahunan menjadi $ 18 miliar.
  • Fakta 30: Lebih dari 45.100 turbin angin yang beroperasi pada akhir tahun 2012.
  • Fakta 31: Berbagai mitos yang berkaitan dengan peternakan angin adalah: peternakan angin jelek dan populer, mereka berisik dan menghasilkan energi hanya 30%.
  • Fakta 32: Sekitar 80.700 orang terlibat dalam berbagai pekerjaan Energi angin terkait pada akhir 2012 di bidang-bidang seperti pengembangan, penentuan tapak, konstruksi, transportasi, manufaktur, operasi,dan
  • Fakta 33: Sebuah turbin angin memiliki sebanyak 8.000 komponen yang berbeda.
  • Fakta 34: turbin angin kecil dapat digunakan untuk mengisi baterai atau listrik sebagai cadangan.

Dengan demikian energi angin adalah merupakan Energi yang bersih, bebas polusi, berlimpah dan bebas sumber energi.Menjadi krusial karena sumber energi terbarukan, tidak seperti bahan bakar fosil yang tidak terbarukan dan menjadi penyebab polusi.

Indonesia memiliki panjang pantai yang luar biasa yang bisa untuk penangkaran Wid Energy yang luar biasa besarnya.............................

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x