windi saras
windi saras

Tim dari digitalic.id, Pemilik blog windisaras.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Atur Keuangan dengan D-Save untuk Ketenangan di Masa Depan

14 Juni 2018   13:36 Diperbarui: 14 Juni 2018   13:43 318 0 0
Atur Keuangan dengan D-Save untuk Ketenangan di Masa Depan
(sumber: blurbhouse.com)

Tibanya bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang selalu dinanti. Karena bulan ini menjadi bulan yang penuh dengan keberkahan. Selain itu, banyak moment spesial yang terjadi dibulan Ramadhan, sampai tali silaturahmi yang sudah berjarak bisa tersambung kembali. Salah satunya adalah banyaknya rencana dan undangan buka bersama atau biasa disebut bukber. Mulai dari bukber teman SD, teman SMP, teman SMA, teman kuliah, juga teman kerja.

Sampai beberapa waktu lalu, aku datang buka bersama dengan salah seorang teman. Kami banyak ngobrol mulai dari alif sampai ya. Mulai dari ngobrolin pendidikan, asmara, sampai masalah keuangan tak lupa kita perbincangkan.

Dan sampilah pada pertanyaan "Win, cara nabung gimana sih?" begitulah kira-kira bunyi pertanyaannya.

Yaa namanya cewe kadang doyan shopping. Buka layanan belanja online sedikit aja, mulai dah jempolnya gatel klik sana klik sini. Kadang uang yang awalnya niat untuk ditabung malah abis nggak jelas saking asyiknya beli ini beli itu.

Pola-pola konsumtif kawan millenials memang masih saja merajalela. Memang tidak salah kita menggunakan rupiah hasil kerja kita untuk memenuhi kesenangan hati. Tapi, kita harus tetap memiliki perencanaan yang baik dan matang agar tercipta ketenangan dimasa depan.

Mas Budi Raharjo, dalam sebuah sharing session pernah memaparkan tentang 5 jenis kecerdasan financial yang patut kita ketahui agar perencanaan keuangan kita aman terkendali, yaitu:

Satu, kecerdasan menghasilkan uang. Ini merupakan salah satu kecerdasan tentang bagaimana seseorang bisa mendapatkan penghasilan dari asset pasif maupun aktif, untuk dapat memenuhi semua kebutuhan.

Kedua, kecerdasan mengalokasikan uang, merupakan tentang kecerdasan bagaimana seseorang dapat mengalokasikan penghasilannya dengan menunda kesenangan saat ini untuk kebutuhan yang akan datang.

Ketiga, kecerdasan dalam mengembangkan uang, yaitu kecerdasan yang berhubungan tentang bagaimana seseorang dapat mengembangkan investasinya, agar tujuan terpenuhi.

Keempat, kecerdasan dalam melindungi investasi, kecerdasan ini berhubungan dengan cara seseorang dalam melindungi investasinya agar tidak hilang. Seperti: asuransi kesehatan.

Kelima adalah kecerdasan dalam mencari informasi. Kecerdasan ini berkaitan tentang bagaimana seseorang mendapatkan informasi untuk dapat memnhi kebutuhan investasinya. Sebelum melakukan investasi ada baiknya kita harus memiliki ilmu yang cukup baik untuk berinvestasi.

Setidaknya lima kecerdasan tersebut harus kita ketahui agar asset investasi dapat terlindungi.

Untuk memulai investasi kita harus memiliki pengetahuan yang memadai seputar investasi dan memiliki modal besar untuk misalnya membeli property atau saham yang ingin kita miliki. Jika modal belum kita miliki, menabung adalah cara paling tepat untuk mengelola keuangan kita.

Balik lagi ke pertanyaan temanku "Win, cara nabung gimana sih?"

Langkah awal adalah dengan membuka rekening pada Bank. Duh males ah buka rekening harus datang ke banknya, antri dan isi formulir ini itu.

Santaiii.. zaman sudah semakin canggih kan? Nggak perlu lagi tuh kita dateng ke bank ikutan antri panjang. Kalian cukup gunakan sebuah aplikasi bernama D-Bank dari Bank Danamon di handphone pintar kalian. Cukup unduh di playstore dan ikuti langkahnya. Fiturnya sudah semakin canggih, untuk tanda tangan dan KTP tinggal difoto dan untuk verifikasi data terdapat fitur videocall dengan customer servicenya lhoo. Mudah bukan?

Dan untuk jenis tabungannya, kalian bisa pilih jenis rekening tabungan D-Save.

D-Save ini merupakan produk tabungan baru untuk nasabah indvidu dalam mengatur keuangan kalian dalam beragam kebutuhan, baik untuk mengatur pengeluaran bulanan, hingga untuk mengatur kebutuhan perencanaan jangka panjang.

D-Save juga memberikan banyak keuntungan, seperti:

  • Persyaratan pembukaan rekening yang sangat mudah.
  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • Bebas bisaya tarik tunai, cek saldo dan transfer online antar bank melalui ATM jaringan prima, ATM bersama atau ALTO, masing-masing 10x dalam sebulan.
  • Proses pembukaan rekeniing tabnungan D-Save kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke cabang melalui aplikasi mobile bankin Danamon, yaitu D-Bank.
  • Fitur transaksi terkini melalui internet banking Danamon, yaitu Danamon Online Banking dan aplikasi D-Bank.

Kalian juga dapat menikmati saldo ditahan serta minimum saldo 0 rupiah pada rekening D-Save.

Dengan berbagai kenyamanan dan keuntungan yang diberikan nggak ada alasan lagi untuk tidak menabung. Yuk nabung agar keuangan kita makin tertata dengan baik demi terciptanya ketenangan dimasa depan.

Dalam dunia akuntansi membuat laporan keuangan berupa neraca, balance itu wajib. Dalam kehidupan pun juga sama, harus tercipta keseimbangan dimasa muda dan masa tua.