Mohon tunggu...
WindiNiatClaritaHalawa
WindiNiatClaritaHalawa Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UPI

Mahasiswa KKN Tematik Literasi UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa secara Daring

21 September 2021   06:25 Diperbarui: 21 September 2021   06:28 87 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa secara Daring
Dok. Pribadi

Kemunculan covid-19 telah memberikan dampak besar disegala aspek kehidupan manusia, mulai dari bidang ekonomi, sosial budaya, bahkan pendidikan. Agar pendidikan terus berjalan maka Pemerintah mengambil tindakan untuk melaksanakan pembelajaran daring yang dilakukan dari rumah. 

Hal ini diharapkan dapat memanimalisir korban jiwa yang diakibatkan oleh covid-19.Universitas Pendidikan Indonesia yang merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia ikut mengambil bagian. Dalam hal ini, melaksanakan KKN Tematik Literasi UPI secara daring. Hal ini ditegaskan langsung oleh Rektor UPI, dimana segala bentuk kegiatan harus dilakukan secara daring.

Tema KKN kali ini adalah  "Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka -- Pusat Prestasi Nasional" dengan tiga program wajib dan tiga program pilihan. Program wajib nya yaitu Program Literasi Baca Tulis, program Literasi Numerasi, dan Program Literasi Sains, sedangkan program pilihannya merupakan Program Literasi Digital, Program Literasi Finansial, dan Program Literasi Budaya dan Kewarganegaraan.

Kegiatan KKN Tematik UPI 2021 ini dilakukan di SMPN 2 Dharma Caraka yang terletak di Jl. Pelud Binaka Km. 9 Ononamolo I Lot, Desa Ononamolo 1 Lot, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli, dan melaksanakan KKN Tematik Literasi dengan sasaran peserta didik dari kelas VIII A dan VIII B. 

Penyampaian materi juga menggunakan berbagai media seperti video, poster dan slogan. Hal ini ditujukkan agar peserta didik tertarik untuk membaca buku dan tulisan-tulisan yang telah disematkan di media pembelajaran tersebut. Dengan menggunakan media dan berbagai desain, animasi serta penggunaan tema yang menarik akan menarik perhatian siswa untuk membaca tulisan-tulisan yang disematkan di video, slogan ataupun poster. Media pembelajaran ini membantu siswa untuk memahami segala mata pelajaran yang diajarkan. Peserta didik tidak cepat merasa bosan dan meningkatkan minat baca peserta didik.

Untuk membatasi jarak, maka penyampaian materi ini dilakukan dengan menggunakan group WhatsApp dengan menggabungkan kontak Wa Orang Tua, Siswa dan Guru.

Penulis :

Windi Niat Clarita Halawa, Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran  Universitas Pendidikan Indonesia
Gano Sumarno, M.Pd Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 3

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan