Di era digitalisasi yang semakin modern ini banyak peluang dan profesi baru termasuk menjadi seorang influencer.
Influencer sendiri yaitu seseorang atau figur dalam media sosial yang memiliki jumlah pengikut yang banyak atau signifikan.Hal yang mereka sampaikan dapat memengaruhi perilaku dari pengikutnya, Sederhananya influencer memiliki pengaruh bagi pengikutnya untuk melakukan / membeli sesuatu.
Jenis-Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Followers
Berdasarkan jumlah followersnya, jenis-jenis influencer adalah:
Micro Influencer (Influencer Mikro)
Jenis pertama adalah micro influencer. Micro influencer adalah kategori influencer dengan subscriber atau follower 10.000 atau kurang. Meskipun memiliki followers yang lebih sedikit dibandingkan jenis influencer lainnya, namun influencer ini biasanya mengandalkan engagement rate yang tidak kalah dengan jenis influencer lainnya.
Macro Influencer (Influencer Makro)
Jenis kedua dari influencer adalah macro influencer. Yang bisa disebut macro influencer adalah kategori influencer dengan subscriber lebih dari 10.000. Biasanya macro influencer adalah orang berpengaruh yang sudah memiliki banyak followers setia dan dikenal luas meskipun tidak setenar selebritis.
Nano Influencer
Nano influencer adalah influencer yang lebih kecil dibandingkan micro influencer. Influencer yang dikategorikan sebagai nano influencer adalah mereka dengan jumlah pengikut lebih kecil yaitu, di bawah angka 1.000.
Biasanya para nano influencer ini hanya memiliki pengaruh pada komunitas mereka saja. Jika diambil contoh, nano influencer adalah para ketua di dalam komunitas lokal mereka.