Mohon tunggu...
Winarno MTsN 1 Bandar Lampung
Winarno MTsN 1 Bandar Lampung Mohon Tunggu... Guru - guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Guru gemar fotografi, citytour dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Bahasa Inggris: Mengenal Benda-benda di Sekitar Kita (Things Around Us)

29 Juni 2023   14:48 Diperbarui: 10 Agustus 2023   11:15 1317
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Keterangan Gambar: Screenshot google translateSumber gambar: Dokumen Pribadi

Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Fase D, SMP/MTs adalah siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. Siswa menggunakan Bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan. Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin berkembang dan keterampilan inferensi mulai tampak ketika memahami informasi tersirat. Mereka memproduksi teks tulisan dan visual dalam Bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosa kata yang lebih beragam. Mereka memahami tujuan dan pemirsa ketika memproduksi teks tulisan dan visual dalam Bahasa Inggris.

Berikut elemen-elemen mata pelajaran serta deskripsinya 

Menyimak - Berbicara
Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan saling bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat dan pandangan dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam konteks familiar yang formal dan informal. Dengan pengulangan dan penggantian kosakata, peserta didik memahami ide utama dan detil yang relevan dari diskusi atau presentasi mengenai berbagai macam topik yang telah familiar dan dalam konteks kehidupan di sekolah dan di rumah. Mereka terlibat dalam diskusi, misalnya memberikan pendapat, membuat perbandingan dan menyampaikan preferensi. Mereka menjelaskan dan memperjelas jawaban mereka menggunakan struktur kalimat dan kata kerja sederhana.

Membaca - Memirsa

Peserta didik membaca dan merespon teks familiar dan tidak familiar yang mengandung struktur yang telah dipelajari dan kosakata yang familiar secara mandiri. Mereka mencari dan mengevaluasi ide utama dan informasi spesifik dalam berbagai jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk diantaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Mereka mengidentifikasi tujuan teks dan mulai melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam sebuah teks.

Menulis - Mempresentasikan
Pada akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosakata spesifik dan struktur kalimat sederhana. Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi, imajinasi dan persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat. Sumber: https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/bahasa-inggris/fase-d/

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

  • Setiap meja meja siswa memiliki smartphone;  setelah berdo'a siswa diajak mengidentifikasi benda-benda yang ada di dalam kelas (meja, kursi, lantai, langit-langit, lampu, Buku catatan, Buku teks, Kotak pensil, Pena, Pensil, Penghapus, Penggaris, Kalkulator, Spidol stabilo,  Botol air, Kotak makan siang, Camilan, Tisu, Pembersih tangan, Tipe-x, Payung, Pengasah pensil, Buku gambar, Kunci, Gunting, jam dinding, pintu, jendela, papan tulis, kunci, LCD Proyektor, Kipas angin)
  • Secara mandiri, berpasangan, grup 3-5 orang siswa bekerja menggunakan smartphonenya untuk memotret benda-benda yang mereka temukan di dalam kelas.
  • Menggunakan google translate (translate.google.com) siswa mencari arti benda-benda tersebut dalam bahasa Inggris, sekaligus berlatih mengucapkan kata-kata tersebut dalam bahasa Inggris.
  • Menggunakan aplikasi picsay  atau picture editor lainnya siswa memberi nama foto benda-benda yang mereka ambil.
  • Siswa mengumpulkan hasil kerjanya melalui link pengumpulan yang telah diberikan
  • Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. 

Contoh hasil kerja siswa: 

Sumber gambar: Dokumen Pribadi
Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Silahkan upload hasil kerja anda melalui link berikut: https://forms.gle/ZGvKvcUPAQktBmiz7 Simak hasil karya temanmu: klik disini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun