Mohon tunggu...
Willy Julian Hamdi
Willy Julian Hamdi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang jurusan Akuntansi

Seorang mahasiswa Universitas Pamulang angkatan covid 19

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Lobbying Dalam Dunia Bisnis

9 Desember 2022   09:36 Diperbarui: 9 Desember 2022   10:01 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Tentang Melobi

Dalam kehidupan sehari-hari manusia pasti akan selalu menemui berbagai masalah. Dalam meyelesaikan masalahnya tersebut seringkali manusia masih mengalamu berbagai kesulitan. Oleh karena itu diperlukanlah suatu proses yang dilakukan antara berbagai pihak yang bermasalah tersebur untuk saling mencari kesepakatan.

Proses penyelesaian masalah juga sering kali didukung oleh pencapaian-pencapaian kesepakatan yang dibuat di jalur formal. Pada titik inilah kegiatan lobby diperlukan guna menyelesaikan masalah diluar jalur formal. Penyelesaian penggunaan jalur formal seringkali  tidak menghasilkan titik temu yang berarti. Jeratan prosedural setingkali menghalangi kebebasam para aktor dalam menyelesaikan permasalahan. Penggunaan lobby juga seringkali digunakan oleh seseorang guna mencapai tujuan tertentu, akibat persaingan yang sangat ketat didunia sosial.

Lobby bisa dikatakan merupakan satu kegiatan yang membutuhkan keterampilan tertentu. Walaupun dalam kegiatan sehari-hari tiap orang tentunya sering mengalami atau melakukan lobbying. Namun, tidak semua orang dapat menjadi seorang pelobby yang handal. Oleh karena itulah, diperlukan metode-metode yang sistematis dalam melajukan kegiatan tersebut.

Istilah lobbying atau kemudian menjadi "Lobi" dalam bahasa Indonesia sering dikaitkan dengan kegiatan politik dan bisnis. Perkembangan dewasa ini Lobi-melobi tampaknya tidak terbatas pada kegiatan tersebut namun mulai dirasakan oleh manajer organisasi untuk menunjang kegiatan manajerialnya baik sebagai lembaga birokrat maupun lembaga usaha khususnya dalam pemberian pelayanan kesehatan.

Kata "Melobi" terdapat dalam  kamus  bahasa Indonesia  dengan pengertian : melakukan pendekatan secara tidak resmi, menilik asal kata lobi yang berarti teras atau ruang depan yang terdapat di hotel-hotel, tempat dimana para tamu duduk-duduk dan bertemu dengan santai kemungkinan  kata lobi melatarbelakangi perkembangan istilah "melobi" yang terjadi karena kebiasaan para anggota parlemen di Inggris yang biasa berkumpul  di lobi ruang sidang dan memanfaatkan pertemuan di ruang tersebut untuk melakukan berbagai pendekatan,  diantara persidangan.

Dalam dunia politik istilah "pelobian" adalah merupakan usaha individu atau kelompok dalam kerangka berpartisipasi politik, untuk menghubungi para pemimpin politik atau pejabat pemerintah dengan tujuan mempengaruhi keputusan pada suatu masalah yang dapat menguntungkan sekelompok orang.

Strategi dalam melobi

Aktivitas melobi merupakan sebuah aktivitas kompleks dan jam terbang sangat menentukan keberhasilan tujuan sebuah lobi dilakukan. Karenanya kegiatan ini perlu persiapan dan strategi yang matang, sehingga tujuan melobi bisa tercapai.

Tujuannya hanya satu, yakni membuat pesan tersampaikan secara clear , tanpa adanya miss understanding.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun