Mohon tunggu...
Muhammad Wildhan Pamungkas
Muhammad Wildhan Pamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis di masa depan

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Semester 6

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Bertamasya ke Ragunan Seorang Diri!

9 Agustus 2022   21:06 Diperbarui: 9 Agustus 2022   21:21 2426
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelikan di Ragunan. Dokumentasi Pribadi

Tepat hari Sabtu, 6 Agustus 2020
Saya merencanakan untuk pergi ke Ragunan seorang diri yang tentunya sudah direncanakan jauh jauh hari dari rute perjalanan, cara masuknya ke ragunan sampai mencari informasi dari google hingga youtube.

Hingga hari itu tiba pun saya merasakan senang karena sudah lama sekali tak mengunjunginya karena terakhir saat saya melaksanakan kemah di bumi perkemahan ragunan namun pada saat itu hanya sebentar karena kakak kelas kesurupan di Ragunan yang membuat saya kecewa yang memiliki ekspetasi untuk berkeliling lebih jauh malah dibatalkan.

Akhirnya setelah sekian lama pun dapat ke Ragunan meskipun seorang diri begitu bahagia sampai membuat video dan foto foto setiap perjalanannya. Dan kebetulan saya menggunakan Transportasi Umum yaitu Transjakarta.

Perjalanan saya ke Ragunan (Video Tiktok)

Transjakarta. Dokumentasi Pribadi
Transjakarta. Dokumentasi Pribadi

Pertama-tama saya diantarkan adik saya menuju halte busway Transjakarta terdekat dari rumah dan daerah rumah saya berada di koridor 8 Busway yaitu jurusan Harmoni - Lebak Bulus. Sebenarnya saya bisa saja ke Lebak Bulus lalu menaiki Jaklingko untuk ke Ragunan hanya saja pada saat itu saya tidak memiliki kartu tersebut.

Maka dari itu saya memilih Rute 6B (Monas - Ragunan via Semanggi). Namun tentu saja saya harus pergi ke Harmoni lebih dahulu. hingga akhirnya mencari rute Pulo Gadung hanya untuk sampai Monas. Dan saya abadikan perjalanan dengan video selama di ragunan yang telah saya edit pada link di atas foto. 

Sesampainya di Harmoni pun langsung bergegas untuk ke bis yang mengarah ke Pulo Gadung. Sesampainya di Monas, aku pun turun dan langsung menanyakan ke petugas busway dan langsung di tunjukanlah rute yang saya cari yaitu Rute 6B.

Rute 6B. Sumber: transjakarta.co.id/peta-rute/
Rute 6B. Sumber: transjakarta.co.id/peta-rute/

Dan selama di perjalanan sebenarnya di hari Sabtu pada jam delapan pagi ternyata tidak terlalu ramai bahkan dari berangkat sampai Ragunan pun agak sepi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun