Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

7 Hal Menarik Terkait Hari Buruh di Seluruh Dunia

30 April 2021   16:30 Diperbarui: 30 April 2021   16:48 83 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Hal Menarik Terkait Hari Buruh di Seluruh Dunia
Hari Buruh Internasional yang diperingati pada 1 Mei memiliki ekspresi berbeda di setiap negara (ahmad triyawan/Pixabay)

Sebagian besar dari kita tahu bahwa Hari Buruh Internasional, juga dikenal sebagai 'Hari Buruh', dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 1 Mei untuk menghormati para pekerja dan kontribusinya bagi masyarakat

Tidak jarang pada hari tersebut kita mendengar seruan yang menyayat hati dari para pekerja sosial dan pejuang hak asasi manusia yang menunjukkan solidaritas dengan kelas pekerja.

Bagi yang lain, 1 Mei membawa kebahagiaan setiap tahun karena ini hari libur pemerintah.

Tidak berhenti di situ, masih ada fakta menarik lainnya terkait Hari Buruh yang patut kita ketahui.

Berikut tujuh fakta menarik tentang hari itu dan bagaimana hari itu berkembang selama bertahun-tahun.

1. Permulaan Hari Buruh

Pada tanggal 1 Mei 1886, sekitar 400.000 pekerja, didukung oleh para suporter mereka, melakukan pemogokan di Chicago untuk menyerukan agar shift kerja harian dikurangi dari 10 jam atau lebih menjadi delapan jam.

Protes empat hari, yang berubah menjadi bentrok, menewaskan dan melukai banyak pemogok, yang kemudian diabadikan sebagai peristiwa 'the Haymarket Square affair'.

Untuk menghormati pengorbanan para peserta protes, Konferensi Sosialis Internasional menyatakan hari tersebut sebagai Hari Buruh Internasional dan menjadikannya hari libur pada pertemuan mereka di tahun 1889.

2. Hari Buruh Menjadi Hari Loyalitas di Amerika Serikat

Untuk menolak apa yang disebut propaganda dari Uni Soviet selama Perang Dingin, Presiden AS Dwight D Eisenhower menyatakan 1 Mei sebagai 'Hari Loyalitas' atau 'Hari Hukum'.

Pemerintah Amerika Serikat menyatakan 1 Mei sebagai "hari khusus untuk penegasan kembali kesetiaan kepada Amerika Serikat, dan untuk pengakuan warisan kebebasan Amerika".

3. Hari Buruh = Hari Raya St. Joseph

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x