Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Freelancer - Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Nuzulul Quran: Sejarah Singkat dan Amalan yang Bisa Dilakukan

28 April 2021   20:42 Diperbarui: 28 April 2021   22:26 1427 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nuzulul Quran: Sejarah Singkat dan Amalan yang Bisa Dilakukan
Berbicara tentang Nuzulul Quran, membaca dan memahami Al-Quran merupakan kewajiban Umat Islam (Ibrahim Mucahit Yildiz/Pixabay)

Sudahkah kita mengamalkan ibadah yang berkualitas setiap hari dan malam dan sejauh mana kita memahami makna Al-Quran di bulan Ramadhan?

Sungguh, Al-Quran untuk diri Anda sendiri, bukan untuk pajangan di rak buku.

Menjelang fase ketiga Bulan Ramadhan, umat Islam sangat didorong untuk meluangkan waktu sejenak dan melakukan refleksi untuk mengevaluasi ibadah mereka.

Berbicara tentang ibadah, membaca dan memahami Al-Quran harus dilakukan oleh semua umat Islam.

Allah menurunkan dalam Surah Al-Baqarah ayat 185:

-

Artinya: "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

Sejarah Nuzulul Quran

Jika kita mendalami sejarah Islam, Nuzulul Quran merupakan peristiwa mulia yang dikenal dengan turunnya ayat pertama Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW yaitu surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5 yang menekankan pada pesan untuk membaca.

Wahyu tersebut kemudian dilanjutkan secara bertahap hingga terungkap isinya secara utuh seperti yang kita baca hari ini.

Peristiwa mulia ini berlangsung pada Jumat malam, 17 Ramadhan, tahun ke-41 Maulid Nabi Muhammad SAW dan terjadi ketika Nabi Muhammad SAW melaksanakan ibadah di Gua Hira.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN