Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Anjuran dan Larangan dalam Foto Profil

24 Maret 2021   10:23 Diperbarui: 30 Maret 2021   22:04 497 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anjuran dan Larangan dalam Foto Profil
Foto apa yang akan Anda unggah sebagai foto profil (Stephanie Edwards/Pixabay)

Beberapa foto sebaiknya dibiarkan tidak diunggah.

Penulis tergugah menulis ini setelah ramainya tagar di media sosial Twitter pada 23 Maret 2021 dimana para pengguna membagikan detil dan alasan dibalik foto profil media sosial mereka.

Tidak semua foto dimaksudkan untuk media sosial. Itu fakta.

Umumnya, jika Anda tidak ingin keluarga jauh atau calon bos Anda melihatnya, suatu foto tidak akan dimuat di internet. Kelihatannya cukup sederhana, tetapi ada kesalahan yang dilakukan orang berulang kali (serius, kompasianers, meskipun itu adalah foto selfie dengan gaya paling polos, lihat di latar belakang sebelum memposting).

Sementara Anda merasa yakin bahwa profil privasi yang hanya dapat diakses orang terdekat memberikan kebebasan untuk mengunggah, hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang gambar profil Anda yang dipajang untuk dilihat semua orang - termasuk calon bos Anda.

Jadi, apa yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih foto profil Anda, dan foto apa yang lebih baik dibiarkan tidak pernah ke media sosial?

"Masalah dengan gambar profil adalah bahwa itu adalah kesan pertama seseorang terhadap Anda," kata analis media sosial Debra Sinclair dari Liquid Mango kepada The Huffington Post Australia.

"Karena itu, foto profil harus benar-benar mewakili Anda secara pribadi dan juga brand yang anda wakili, terutama jika kita berbicara tentang gambar profil di halaman bisnis.

"Sesuatu yang perlu diingat adalah, begitu foto tersedia secara online, foto itu ada di sana selamanya. Gambar profil dapat dilihat oleh keluarga, klien, calon klien, calon pemberi kerja ... jadi Anda ingin menunjukkan yang terbaik.

"Pastikan Anda terlihat baik, akrab dan tulus di foto lewat senyuman dan gaya yang ramah." Bukti sedang terlihat mabuk atau tidak sadar umumnya bukan ide yang baik.

Sinclair juga mengatakan akan membantu foto profil memuat Anda sedang "mengenakan pakaian yang mewakili diri Anda dan merek Anda dengan baik," dan bahwa "foto sebahu bekerja paling baik". "Bukan berarti bahwa foto profil harus berupa foto paspor dari wajah Anda dengan latar belakang putih (kita patut hati-hati dengan keamanan dari penipuan, bukan?), tapi jangan juga foto yang menunjukkan kepala hingga ujung kaki karena tidak merepresentasikan profil Anda dengan baik," katanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN